Terbit: 8 Juli 2020
Ditulis oleh: Devani Adinda Putri | Ditinjau oleh: dr. Ursula Penny Putrikrislia

Micellar water adalah salah satu tahapan dari perawatan kecantikan untuk membersihkan, melembapkan, dan menjaga kesehatan kulit. Ketahui manfaat micellar water untuk kulit serta kandungan dan cara menggunakannya.

Micellar Water: Manfaat, Cara Pakai, Efek Samping, dll

Apa Itu Micellar Water?

Micellar water adalah salah satu produk perawatan kulit yang mengandung air murni, pelembap, dan surfaktan ringan atau senyawa khusus untuk membersihkan kulit. Molekul dari surfaktan ringan ini bersatu dan membentuk misel (micelles), yaitu istilah kimia untuk struktur senyawa yang membentuk bola-bola mikroskopis sebagai magnet untuk mengangkat kotoran dan minyak berlebih (sebum) di kulit.

Usapan dari produk micellar dapat membersihkan bakteri atau kuman yang terjebak di pori-pori kulit tanpa membuat kulit jadi kering. Produk micellar juga berguna untuk melembapkan, membersihkan pori-pori, melembutkan, dan mengencangkan kulit.

Semua produk micellar water terbaik tidak mengandung alkohol dan cocok untuk semua jenis kulit termasuk kulit kering dan kulit sensitif. Produk pembersih ini juga dapat digunakan tanpa dibilas. Produk micellar dipercaya oleh ahli kecantikan sebagai produk perawatan kecantikan yang paling direkomendasikan.

Kandungan Micellar Water

Pembersih micellar pertama kali diteliti dan digunakan di Paris lalu dikembangkan ke seluruh Eropa. Sekarang, produk pembersih wajah ini sudah diproduksi di seluruh dunia dengan berbagai merek dagang. Produk ini memiliki kandungan yang kurang lebih serupa, yaitu:

  • Air murni
  • Pelembap seperti gliserin
  • Bebas alkohol
  • Surfaktan ringan yang berperan sebagai micelles 

Selebihnya, setiap merek dagang air misel mungkin menambahkan bahan kimia lain untuk membuat produk tersebut lebih bagus untuk perawatan kulit, seperti:

  • Ekstrak lidah buaya
  • Ekstrak alga
  • Dispropylene glycol
  • Squalane
  • Butylene glycol
  • Isostearyl Glycol
  • Glyceryl Stearate

Anda dapat mengetahui kandungannya di balik kemasan produk micellar water terbaik yang Anda beli.

Fungsi Micellar Water untuk Kulit

Produk micelles juga disebut dengan Parisian water. Awalnya, ahli perawatan kulit di Paris mengembangan Parisian water karena air di kota Paris dianggap berbahaya dan dapat merusak kulit. Setelah itu, produk ini digunakan banyak orang untuk membersihkan kulit dan perawatan kulit rutin.

Ketahui manfaat micellar water lainnya, sebagai berikut:

1. Membersihkan Kulit

Fungsi micellar water yang pertama adalah untuk membersihkan kulit dari bakteri, kotoran, kuman, atau minyak berlebih (sebum) di kulit wajah. Pembersih micellar memiliki rangkaian senyawa yang efektif untuk mengangkat kotoran yang terperangkap di pori-pori.

Senyawa micelles juga dianggap mampu membersihkan kotoran yang menumpuk di lapisan kulit yang lebih dalam. Bila kulit wajah bersih, ini akan mengurangi risiko jerawat, komedo, atau kulit kusam.

2. Melembapkan Kulit

Pembersih micelles juga mengandung pelembap seperti gliserin yang lembut untuk membantu menghidrasi kulit lebih efektif. Pelembap dan pembersih dalam satu produk ini akan membuat kulit sehat, halus, cerah, dan mengurangi risiko iritasi untuk kulit kering.

Baca Juga: 10 Facial Wash untuk Kulit Kering (Cara Memilih Produk Terbaik)

3. Cocok untuk Semua Jenis Kulit

Tidak masalah jika Anda memiliki jenis kulit kering, sensitif, berminyak, atau normal. Anda dapat menjadikan pembersih micellar sebagai salah satu perawatan kulit rutin Anda.

Kandungan pelembap gliserin dalam produk ini cenderung aman dan cocok untuk semua jenis kulit. Selain itu, produk pembersih ini dikemas tanpa alkohol sehingga tidak akan membuat kulit iritasi atau mengalami peradangan.

4. Mencerahkan Kulit

Wajah kusam umumnya disebabkan oleh kotoran yang menumpuk di pori-pori kulit yang juga berisiko menyebabkan jerawat dan komedo. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan pembersih micellar.

Fungsi micellar water juga untuk mengangkat noda membandel di kulit, kotoran yang terjebak di pori-pori, dan secara langsung akan membuat kulit wajah menjadi lebih cerah. Anda juga disarankan untuk mencuci muka secara rutin dan gunakan perawatan kulit lainnya untuk hasil kulit wajah cerah yang lebih efektif.

5. Menghapus Make Up

Membersihkan make up dengan cuci muka saja dianggap tidak efektif karena tidak dapat mengangkat sisa riasan dan bakteri yang mungkin terjebak di pori-pori. Terutama bila Anda menggunakan mekap yang tahan air (waterproof).

Anda disarankan untuk menggunakan produk micellar untuk membersihkan riasan mata yang tebal yang biasanya tidak sulit dihilangkan hanya dengan air. Selain itu, kandungan pembersih micellar ini juga dapat menyegarkan kulit setelah dilapisi riasan seharian.

6. Perawatan Kulit Serbaguna

Selain semua manfaat micellar water yang sudah disebutkan, produk ini juga sangat mudah digunakan. Bisa dikatakan bahwa produk micelles dapat berfungsi sebagai pembersih kulit, penghapus mekap, pelembap, dan toner sekaligus.

Selain itu, Anda dapat menggunakannya tanpa dibilas. Anda dapat membawa dan menggunakan pembersih ini di mana saja dengan praktis.

Baca Juga: 15 Tips Skincare untuk Remaja Berdasarkan Jenis Kulit

Cara Menggunakan Micellar Water 

Ada banyak cara menggunakan micellar water sesuai dengan kebutuhan Anda, sebagai berikut:

  • Sebagai perawatan kulit rutin di pagi hari, cukup tuang pembersih micellar secukupnya di kapas lalu usapkan di wajah hingga bersih. Lanjutkan dengan menggunakan moisturizer.
  • Penghapus mekap, gunakan kapas lalu tuangkan pembersih micellar dan bersihkan seluruh riasan, terutama riasan di mata.
  • Memperbaiki mekap, Anda mungkin salah menggunakan eyeliner dan ingin menghapusnya sedikit, tuangkan pembersih micellar di cotton bud dan bersihkan tanpa merusak seluruh mekap.
  • Sebagai toner, cuci muka terlebih dulu lalu gunakan pembersih micellar dengan kapas.

Cara menggunakan produk micellar sangat mudah yaitu hanya dengan kapas dan usap dengan lembut di kulit wajah. Anda juga tidak perlu cuci muka sebelum atau sesudah menggunakan pembersih ini.

Efek Samping Micellar Water 

Micellar water adalah perawatan kulit serbaguna yang cocok untuk semua jenis kulit. Pada umumnya, tidak ada laporan tentang efek samping micellar water, namun Anda harus teliti memilih merek dagang produk ini.

Selain itu, Anda mungkin membutuhkan rangkaian perawatan kulit lainnya yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Bila perlu, konsultasi dengan profesional kesehatan dan kecantikan kulit untuk menemukan produk terbaik untuk kulit Anda.

 

  1. Garnierusa. 2020. What is Parisian water?. https://www.garnierusa.com/tips-how-tos/what-is-micellar-water. (Diakses pada 8 Juli 2020).
  2. Johnso, Dana Elizabeth. 2017. 6 Ways to Use MicellarWater in Your Skin Care Routine. https://www.dermstore.com/blog/how-to-use-micellar-water/. (Diakses pada 8 Juli 2020).
  3. Link, Rachael, MS, RD. 2020. 5 Benefits and Uses of MicellarWater. https://www.healthline.com/nutrition/micellar-water-benefits. (Diakses pada 8 Juli 2020).
  4. Leighton, Mara. 2018. Parisian water lifts impurities out of your skin like a magnet — here’s how it works, plus a guide to the best ones. https://www.businessinsider.com/what-is-micellar-water-2018-6?r=US&IR=T. (Diakses pada 8 Juli 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi