Obat Metronidazole – Dosis & Indikasi untuk Dewasa

obat metronidazole-doktersehat

Tidak ada seorang pun yang ingin mengalami penyakit radang panggul. Tidak ada pula seorang pun yang ingin menjalani penyakit operasi usus. Penyakit radang panggul dan penyakit saluran pencernaan yang mengharuskan untuk operasi usus disebabkan karena adanya infeksi bakteri. Salah satu obat yang digunakan untuk meredakan penyakit infeksi bakteri adalah obat Metronidazole. Apakah Anda sudah mengetahui Metronidazole obat apa? Obat Metronidazole adalah obat antimikroba yang digunakan untuk mengobati berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh mikroorganisme protozoa dan bakteri anaerob.

Obat Metronidazole adalah obat antibiotik yang dapat digunakan sendiri atau dengan antibiotik lain untuk mengobati radang panggul, endokarditis,dan bacterial vaginosis. Komposisi Metronidazole adalah metronidazol.

Setelah mengetahui obat Metronidazole obat apa, Anda juga wajib mengetahui fungsi Metronidazole dan manfaat Metronidazole. Mari kenali lebih mendalam mengenai informasi obat tersebut di bawah ini.

Fungsi Metronidazole & Manfaat Metronidazole

Fungsi Metronidazole adalah untuk menghentikan pertumbuhan dari bakteri dan protozoa yang dapat menyebabkan masalah kesehatan pada manusia. Karena fungsi Metronidazole adalah untuk mengobati agen biotika yang merugikan, obat ini tidak dapat Anda gunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh virus, seperti flu, pilek atau pun penyakit cacar.

Di samping itu, manfaat Metronidazole adalah untuk mengobati, merawat dan mengontrol jenis penyakit peradangan gigi dan gusi, infeksi ulkus kaki, amebiasis, giardiasis, trichomonas vaginitis, tekanan luka infeksi paru-paru dan segala jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri serta protozoa.

Perlu diperhatikan untuk penggunaan bagi anak-anak, ibu hamil dan ibu menyusui, harus menyesuaikan takaran dosis Metronidazole dalam pengguaan yang dianjurkan oleh dokter. Anda harus mengkonsumsi obat dengan hati-hati. Supaya tidak membahayakan janin atau pun anak Anda. menghindari atau pun melakukan pencegahan dini terhadap hal-hal bayi Anda.

Kini Anda telah mengetahui Metronidazole obat apa. Anda juga sudah mengetahui fungsi Metronidazole dan manfaat Metronidazole. Selain informasi tersebut, Anda juga harus mengetahui informasi mengenai takaran dosis Metronidazole. Mari simak informasi di bawah ini untuk menambah wawasan Anda tentang dosis obat Metronidazole dan indikasi penggunaan obat ini.

Nama: Metronidazole
Nama dagang: Flagyl, Flagyl ER, Flagyl IV RTU
Tersedia dalam bentuk: Kapsul 375 mg, tablet 250 mg, tablet 500 mg, tablet rilis diperpanjang 750 mg, larutan infus 500 mg/100 ml
Kelas: Antibiotik

Dosis Metronidazole dan Indikasi untuk Dewasa

Untuk infeksi bakteri anaerobik

  • Dosis metronidazole: 15 mg/kg IV; tiga kali sehariak melebihi 4 g/hari
  • Dosis pemeliharaan: 7,5 mg/kg PO/IV (lebih dari 1 jam) setiap 6 jam selama 7-10 hari (atau 2-3 minggu jika berat)

Penyakit Menular Seksual

Pencegahan penyakit menular seksual:
2 g PO dosis tunggal; rejimen 3-obat yang juga termasuk ceftriaxone atau sefiksim, PLUS azitromisin atau doxycycline (pedoman CDC STD, 2010)

Vaginosis Bakterial

  • Wanita tidak hamil:
    Metronidazole 500mg PO dua kali sehari selama 7 hari, ATAU
    2 g PO setiap hari dosis tunggal, ATAU
    Rilir diperpanjang: 750 mg PO setiap Day x 7 hari
  • Wanita hamil:
    500 mg PO dua kali sehari selama  7 hari, ATAU
    250 mg PO tiga kali sehari selama 7 hari

Infeksi Bedah Kolorektal

  • Profilaksis; dimulai setelah persiapan usus mekanik sore dan malam hari sebelum operasi.
  • 1 g PO setiap 6-8jam selama 3 dosis
  • Pemberian secara intravena: 15 mg/kg IV selama 30-60 menit; menyelesaikan sekitar 1
  • Jam sebelum operasi; dapat mengelola 7,5 mg/kg IV lebih 30-60 menit pada 6 dan 12
  • jam setelah dosis awal untuk pemeliharaan; menghentikan dalam waktu 12 jam setelah operasi

Trichomoniasis

  • 250 PO setiap 8jam mg selama 7 hari; atau sebagai alternatif, 375 mg PO setiap 12jam selama 7 hari
  • 2 g PO setiap hari dosis tunggal; atau sebagai alternatif alternatif, 1g PO setiap 12jam diberikan dua kali (untuk dua dosis)

Amebiasis

500-750 mg PO setiap 8jam selama 5-10 hari

Giardiasis

500 mg PO setiap 12jam selama 5-7 hari

Infeksi Gardnerella

  • Rilis segera: 500 mg PO setiap 12jam
  • Rilis diperpanjang: 750 mg PO setiap hari selama 7 hari; konsumsi ketika perut kosong

Infeksi Helicobacter Pylori

250-500 mg PO setiap hari dalam kombinasi dengan tetrasiklin (500 mg) dan bismuth subsalicylate (525 mg) selama  14 hari

Uretritis Nongonococcal

2 g PO setiap hari dosis tunggal dengan eritromisin (500 mg setiap hari) atau eritromisin etilsuksinat (800 mg setiap hari) selama 7 hari

Pelvic Inflammatory Disease

500 mg PO setiap 12jam selama 14 hari dalam hubungannya dengan ofloksasin atau levofloxacin

Perlu diperhatikan, jika Anda memiliki efek samping dari penggunaan obat Metronidazole, segera hubungi dan konsultasikan kepada dokter Anda. Atau Anda dapat mendatangi rumah sakit terdekat untuk mendapat penanganan medis secara langsung.

Gunakan obat Metronidazole di bawah pengawasan dokter. Gunakan dosis Metronidazole yang dianjurkan dan jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa anjuran dokter. Mengonsumsi obat sesuai dengan anjuran dosis yang sesuai akan menambah efektivitas obat untuk menyembuhkan penyakit infeksi bakteri yang sedang diderita.

Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai informasi penggunaan obat Metronidazole, silakan membaca pada halaman selanjutnya.

Obat Metronidazole – Halaman Selanjutnya :   1   2   3