Kurangi Menggoreng, Ini 3 Metode Masak Ikan yang Super Sehat

ikan-yang-tidak-boleh-dimakan-ibu-hamil-doktersehat

DokterSehat.Com– Anda penggemar ikan, jika ya, maka metode masak apa yang paling sering Anda gunakan untuk mengolah ikan?

Ikan sebagai salah satu produk pangan yang cukup banyak produksinya di Indonesia ini, kini mulai banyak dikampanyekan agar mulai rutin dikonsumsi sebagai lauk harian.

Ya, ikan tidak hanya mudah diperoleh, namun juga merupakan salah satu bahan makanan yang padat gizi.omega-3-doktersehat

Dengan kemudahan kita memperoleh ikan di pasaran, maka kita juga harus cermat menentukan, bagaimana sih cara mengolah ikan sebagai lauk harian yang sehat agar bisa diserap gizinya dengan maksimal?

 

Zat gizi ikan akan semakin optimal dalam tubuh jika metode pengolahannya tepat

Cara mengolah atau metode dalam memasak ikan menjadi salah satu hal yang cukup vital untuk menentukan apakah asupan gizi yang ada pada ikan yang diserap maksimal oleh tubuh, mengapa?

Ikan memiliki berbagai kandungan gizi, mulai dari protein, vitamin, mineral, dan omega 3.

Tidak hanya itu, ikan juga memiliki keunggulan utama, yaitu merupakan salah satu bahan makanan protein hewani yang kandungan kolesterolnya rendah.

Berbeda dengan makanan protein hewani lain, seperti telur, daging merah atau daging unggas yang cenderung tinggi kolesterol.

Doktersehat - Ikan
Photo Credit: Flickr.com/Vu Nguyen Hoang

Hal inilah yang membuat metode masak ikan haruslah dipilih dengan cermat agar kandungan gizi yang ada pada ikan bisa terjaga dan tetap mengontrol kadar kolesterol pada ikan.

Pemilihan metode masak yang menggunakan banyak minyak, misalnya menggoreng atau menggoreng dengan tepung, tentu dapat meningkatkan kadar lemak dan kolesterol pada ikan.

Hal ini tentu akan menyebabkan kandungan lemak jenuh dalam ikan semakin tinggi, apalagi jika jenis minyak yang digunakan adalah minyak hewani, misalnya mentega, atau minyak yang sudah berulang kali digunakan.

Lantas, apa saja metode masak ikan yang super sehat?

Agar kita bisa tetap mengontrol kandungan gizi dan menjaga kadar kolesterol ikan tetap rendah, beberapa metode masak yang bisa kita coba adalah:

1. Ikan kukus

Ketimbang menggoreng, mengukus atau membuat ikan sebagai tim, tentu tidak kalah nikmatnya bukan? Hal ini tentu akan sangat efektif menjaga kandungan gizi, utamanya vitamin larut air, menjadi tidak hilang saat proses pemasakan.

Metode mengukus juga tidak menggunakan minyak, sehingga tentu ikan menjadi tidak banyak mengandung lemak, ya. Anda bisa menambahkan berbagai bumbu alami seperti bawang dan rempah alami lainnya.

doktersehat ikan dan avokad
Photo credit: Pexels by Dana

Selain itu, Anda juga bisa menyajikan atau mencampurkan ikan kukus dengan kuah kaldu alami yang super nikmat, bukan?

2. Ikan bakar

Siapa yang bisa menolak sajian ikan bakar? Sajian yang satu ini tidak hanya nikmat namun juga super sehat karena penggunaan minyak yang rendah.

Pastikan Anda tidak membiarkan ikan dibakar hingga bagian luar ikan menghitam, ya, karena hal ini dapat membentuk zat karsinogenik yang merupakan pemicu kanker.

Pastikan pula membuat bumbu saus ikan bakar dari bahan alami, Anda bisa membuat bumbu ikan bakar dari tomat, bawang, rempah, dan kecap rendah natrium agar sajian ikan bakar Anda lezat dan sehat.

3. Ikan asap

Bingung akan mengolah ikan dengan metode apa? Pilih saja ikan untuk diolah dengan metode asap.
doktersehat-ikan-goreng-bakarMetode ini cukup efektif menjaga kandungan vitamin, mineral dan tentu mengurangi penggunaan minyak pada ikan.

Umumnya, Anda akan cukup mudah memperoleh sajian ikan asap dengan cara membelinya, ya. Hal ini disebabkan ikan asap umum diolah dalam skala besar karena menggunakan alat khusus yang akan memastikan ikan telah masak sempurna.