Suka Makan Durian? Inilah Pantangan Makan Durian yang Wajib Diketahui

pantangan-makan-durian-doktersehat
Photo Source: Christopher Jayanata from Pixabay

DokterSehat.Com – Meski durian bagi para penggemarnya adalah buah yang sempurna karena memiliki rasa yang lezat dan bergizi, tahukah Anda bahwa ada pantangan makan durian dengan makanan, minuman atau kondisi kesehatan tertentu? Simak penjelasan bahaya makan durian dengan makanan, minuman atau kondisi kesehatan, serta mitos makan durian selengkapnya di bawah ini.

Pantangan Makan Durian

Meski durian adalah buah yang mengandung kalori tinggi dan kaya nutrisi, faktanya buah ini memiliki potensi yang merugikan kesehatan tubuh apabila dikonsumsi secara tidak tepat.

Berikut ini adalah pantangan makan durian yang harus Anda perhatikan, di antaranya:

1. Penderita Diabetes Hindari Makan Durian

Pada dasarnya semua orang diperbolehkan mengonsumsi durian, akan tetapi mereka yang memiliki diabetes melitus, sebaiknya menghindari konsumsi buah yang memiliki aroma kuat ini.

Menurut dr. Marwa, durian bisa memicu lonjakan gula darah di dalam tubuh, sesuatu yang bisa sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Hal ini menjadi semakin berbahaya apabila dikonsumsi setelah makan nasi, maka lonjakan gula darah bisa menjadi tak terkendali dan akhirnya memicu komplikasi berbahaya.

Perlu diketahui, tiga biji durian (tergantung ukuran) dapat mengandung antara 20 dan 30 gram karbohidrat. Hal itu setara dengan kadar gula dalam setengah kaleng minuman berkarbonasi (20 gram) atau satu mangkuk nasi putih (30 gram).

2. Durian dengan Anggur atau Terong

Menurut pengobatan tradisional Tiongkok, anggur, terong dan durian sama-sama makanan ‘panas’, jika penderita diabetes makan keduanya, hal itu akan membawa konsekuensi yang buruk bagi kesehatannya.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada kesimpulan yang pasti bahwa pantangan makan durian dengan anggur atau terong dapat membahayakan kondisi kesehatan,

3. Durian dengan Manggis

Selain anggur, pantangan makan durian berikutnya adalah dengan manggis. Makan durian dan manggis bersamaan bisa menyebabkan sembelit. Kedua buah ini kaya akan selulosa, komponen yang akan menyerap air dan dapat membengkak di usus. Konsumsi durian dan manggis berlebihan akan memblokir usus dan menyebabkan konstipasi.

4. Durian dengan Daging Sapi atau Kambing

Pantangan makan durian berikutnya adalah menghindari makan bersamaan dengan daging. Durian sebaiknya tidak dimakan dengan makanan hangat seperti daging sapi atau daging kambing.

5. Durian dengan Kepiting

Selain daging, pantangan makan durian berikutnya adalah tidak mengonsumsinya secara bersamaan dengan makanan laut, salah satunya adalah kepiting. Jika keduanya dimakan bersama, hal itu bisa menimbulkan ketidaknyamanan perut yang parah.

Namun, guna mencegah ketidaknyamanan perut, berikan jeda sekitar 1 jam setelah Anda makan durian.

6. Durian dengan Minuman Berkafein

Bahaya makan durian berikutnya yang harus diwaspadai adalah hindari mengonsumsi bersamaan dengan minuman berkafein. Jika Anda konsumsi minuman berkafein segera setelah makan durian, hal ini dapat menyebabkan masalah jantung dan pembuluh darah.

Selain itu, konsumsi durian bersamaan dengan minum minuman bersoda sebaiknya dihindari. Pantangan makan durian harus dipatuhi karena bisa menyebabkan gangguan pencernaan seperti perut kembung karena sistem pencernaan harus bekerja ekstra keras untuk memetabolisme gula, lemak dan kafein pada saat yang sama, terutama ketika Anda mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

7. Durian dengan Alkohol

Kandungan sulfur dari durian yang tinggi dapat menghambat enzim yang membantu memecah alkohol dalam tubuh hingga 70 %. Banyak orang mengatakan bahwa makan durian bersamaan dengan minum alkohol akan membahayakan nyawa, hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan klaim tersebut.

Namun, senyawa diethyl disulfide yang terdapat di durian adalah senyawa belerang yang membuat proses metabolisme tubuh sulit terjadi. Jadi, ketika Anda mengonsumsinya bersama dengan alkohol, maka alkohol tidak akan terurai dengan baik dan memungkinan asetaldehida, sejenis asam asetat mengalir dalam aliran darah. Kondisi ini pada akhirnya membuat Anda mengalami mabuk yang parah.

Seseorang yang menderita penyakit jantung dan tekanan darah tinggi disarankan untuk tidak mencampur keduanya.

8. Durian dengan Susu

Konsumsi durian bersamaan dengan susu dapat meningkatkan tekanan darah. Dalam kasus yang jarang terjadi, konsumsi keduanya secara bersamaan bisa membahayakan kesehatan yang cukup serius.

Mitos Makan Durian

Setelah Anda mengetahui apa saja pantangan makan durian dan risiko-risiko yang bisa dihadapi, hal penting lainnya yang harus dipahami adalah mengenai mitos makan durian yang berkembang di masyarakat. Mitos sering kali dikaitkan dengan bahaya makan durian, berikut penjelasannya.

1. Durian Meningkatkan Kadar Kolesterol

Bahaya makan durian yang cukup populer di masyarakat adalah bisa meningkatkan kolesterol. Tentu klaim terhadap hal itu tidaklah benar. Durian memiliki nol kolesterol. Kolesterol ditemukan dalam makanan yang mengandung lemak jenuh seperti daging merah, makanan laut dan produk susu. Durian memiliki lemak tak jenuh tunggal yang sehat bagi jantung dan justru menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

2. Makan Durian dan Konsumsi Minuman Beralkohol Membahayakan Nyawa

Salah satu mitos makan durian yang cukup populer di masyarakat adalah anjuran untuk tidak mengonsumsi durian bersamaan dengan minuman beralkohol karena bisa membuat seseorang meninggal.

Hingga kini tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa ini adalah kombinasi yang mematikan. Konsumsi durian dan minuman beralkohol lebih cenderung menyebabkan kembung, gangguan pencernaan karena organ hati harus bekerja ekstra keras untuk memetabolisme lemak dan gula dalam durian dan alkohol.

4. Makan Durian Bisa Meningkatkan Libido

Terkenal sebagai buah ‘panas’ karena bisa membuat suhu tubuh mengalami peningkatan, hal itu tidak serta merta menjadikan durian buah afrodisiak.

Pada akhirnya, terlepas dari pantangan makan durian dan bahaya makan durian seperti yang sudah dijelaskan di atas, durian adalah buah yang sangat bergizi karena memberi tubuh banyak mineral, vitamin dan lemak yang baik jika dimakan secukupnya.

 

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau dr. Jati Satriyo

Sumber:

  1. Durian can’t eat with anything?. https://howtobehealth.net/2018/05/15/durian-cant-eat-with-anything%EF%BC%9F/. (Diakses pada 16 September 2019).
  2. 6 FOODS THAT SHOULDN’T BE EAT WITH DURIAN EVEN WHEN DURIAN IS CHEAP NOW. https://goodyfeed.com/6-foods-that-shouldnt-be-eat-with-durian-even-when-durian-is-cheap-now/. (Diakses pada 16 September 2019).
  3. Have you ever wondered if eating durian is healthy?. https://www.star2.com/health/2019/09/10/eating-durian-healthy-or-not/. (Diakses pada 16 September 2019).
  4. Cheong, Teresa. Durian Myths: The Truth About Durian and Alcohol, Cholesterol & More. https://www.healthxchange.sg/food-nutrition/food-tips/durian-myths-alcohol-cholesterol. (Diakses pada 16 September 2019).
  5. Five Myths about Durians. https://www.rafflesmedicalgroup.com/health-resources/article-detail/five-myths-about-durians. (Diakses pada 16 September 2019).
  6. Can eating durian and drinking alcohol kill you? Here’s what we know so far. https://sea.mashable.com/science/5714/can-eating-durian-and-drinking-alcohol-kill-you-heres-what-we-know-so-far. (Diakses pada 16 September 2019).