Terbit: 18 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menjaga kebersihan tangan adalah salah satu tindakan dasar yang harus selalu dilakukan agar kuman atau bakteri tidak masuk ke dalam tubuh. Terlebih lagi setelah buang air besar atau buang air kecil. Biasanya, jika Anda menggunakan toilet di pusat perbelanjaan, hotel, atau restoran, Anda akan menemukan mesin khusus untuk mengeringkan tangan. Mesin pengering tangan tersebut dianggap lebih praktis untuk mengeringkan tangan dibanding dengan menggunakan tisu.

Mesin Pengering Tangan Ternyata Memiliki Efek Berbahaya

Photo Credit : pexels.com

Namun, perlu Anda ketahui bahwa mesin pengering tangan memiliki efek berbahaya yang selama ini tidak pernah Anda duga, karena ternyata bisa menyebarkan lebih banyak kuman atau partikel kotoran ke seluruh ruangan. Selain itu, penggunaan mesin pengering tangan juga dipercaya akan membuat tangan Anda kembali tidak bersih.

Salah satu bakteri yang ada pada mesin pengering tangan adalah bakteri Escherichia coli. Seperti yang Anda ketahui bahwa bakteri tersebut akan mengakibatkan penyakit diare dan muntaber. Udara panas mesin secara tidak langsung akan menembakkan bakteri yang menempel pada dinding ke telapak tangan Anda.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari University of Connecticut, Amerika Serikat juga membenarkan hal tersebut. Mereka melakukan uji coba pada mesin pengering tangan di tiga toilet yang  berbeda. Setelah menyalakan mesin pengering tangan, mereka meletakkan piringan khusus di bawah pemancar udara panas selama kurang dari 30 detik. Hasilnya, sekitar 18 hingga 60 koloni bakteri menempel pada piringan khusus tersebut akibat paparan mesin pengering tangan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, mesin pengering tangan memang tidak aman untuk digunakan, karena risiko penyebaran bakteri lebih besar. Bayangkan saja, jika setelah Anda mengeringkan tangan dengan mesin tersebut, Anda memegang makanan dan memasukkannya ke dalam mulut Anda. Secara tidak langsung, bakteri-bakteri yang menempel pada tangan Anda akan masuk kedalam tubuh dan menyebabkan berbagai macam penyakit.

Untuk itu, sebaiknya Anda mengeringkan tangan dengan menggunakan tisu atau handuk bersih saja karena dianggap lebih aman untuk kesehatan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi