Terbit: 23 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sudah menjadi rahasia umum jika merokok bisa memberikan banyak sekali dampak buruk bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, kita akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, kanker, stroke, gangguan paru-paru, atau bahkan mengalami gangguan seksual. Selain itu, masalah kesehatan lain seperti kerusakan gigi atau bibir yang semakin gelap juga bisa didapatkan oleh para perokok, apalagi perokok berat.

Merokok Ternyata Juga Bisa Memicu Masalah Pencernaan

Yang tidak disangka adalah, perokok juga rentan terkena masalah kesehatan pada saluran pencernaannya. Selama ini, banyak perokok yang berpikir jika kandungan beracun dari benda yang Ia hisap hanya akan mengganggu saluran pernafasan. Padahal, dalam realitanya racun di dalam rokok ikut menyebar di dalam pembuluh darah ke seluruh tubuh. Alhasil, hampir semua bagian tubuh akan mendapatkan dampak buruk dari kebiasaan merokok.

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa mereka yang terbiasa merokok lebih rentan untuk terkena masalah pencernaan mengingat kemampuan racun rokok dalam melemahkan otot yang mengendalikan bagian bawah kerongkongan. Kondisi ini akan membuat asam lambung dengan mudah naik ke kerongkongan sehingga memicu masalah asam lambung atau GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Selain itu, telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa para perokok lebih berisiko terkena masalah ulkus atau tukak lambung. Bahkan, mereka juga bisa terkena kanker lambung yang mematikan.

Melihat ada banyak sekali dampak buruk dari kebiasaan merokok, termasuk bagi saluran pencernaan, ada baiknya memang para perokok segera menghentikan kebiasaan buruknya ini.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi