Terbit: 8 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Ada beberapa hal yang bisa membuat kita merinding, yakni saat kita melihat pemandangan atau sebuah kejadian yang luar biasa, saat sedang ketakutan, atau saat buang air kecil. Untuk yang terakhir, banyak orang yang mengaku sering mengalaminya. Sebenarnya, apa sih yang membuat kita merinding saat buang air kecil?

Penyebab Merinding Saat Buang Air Kecil

Tak hanya orang dewasa, bayi ternyata juga bisa mengalami sensasi merinding atau menggigil saat buang air kecil. Hal ini berarti, hal ini memang wajar terjadi pada manusia.

Kebanyakan orang berpikir jika hal ini disebabkan oleh suhu di toilet atau kamar mandi yang lebih dingin dari suhu ruangan lainnya. Logikanya, di dalam kamar mandi atau toilet memiliki banyak air yang digunakan untuk membersihkan badan sehingga membuat ruangan ini memiliki suhu lebih dingin. Hanya saja, menurut Live Science, belum ada penelitian yang menemukan fakta tentang penyebab merinding saat buang air kecil sehingga kita juga belum mengetahui dengan pasti tentang fenomena ini.

Meskipun begitu, sebagian pakar kesehatan menyebutkan bahwa sensasi merinding saat buang air kecil ini sepertinya terkait dengan kandung kemih dan sistem saraf dekat dengan organ vital kita.

Bukannya karena suhu udara dingin, sensasi merinding ini sepertinya justru disebabkan oleh suhu udara hangat yang berasal dari urine atau air seni yang kita keluarkan saat buang air kecil. Tubuh yang sudah terbiasa dengan suhu udara di dalam kamar mandi yang cenderung dingin dan lembab tiba-tiba saja harus merasakan sensasi hangat dari air seni. Hal ini memicu reaksi pada tubuh berupa merinding atau menggigil saat melakukannya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Tak perlu khawatir jika kita sering mengalami sensasi ini saat buang air kecil. Hal ini ternyata bukan disebabkan kondisi kesehatan tertentu.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi