Tips Merendam Kaki Penderita Diabetes

benjolan-mata-kaki-tanda-asam-urat-doktersehat

DokterSehat.Com– Penderita diabetes rentan untuk mengalami luka pada kakinya. Padahal, jika sampai luka muncul, maka risiko untuk mengalami infeksi yang berujung dengan amputasi pun akan meningkat. Karena alasan inilah, pakar kesehatan biasanya menyarankan penderita diabetes untuk merawat kakinya dan tidak lagi merokok. Salah satu cara merawat kaki yang sangat disarankan bagi penderita diabetes adalah dengan mencuci atau merendam kaki di dalam air hangat.

Penderita diabetes sebaiknya mencuci kakinya dengan air hangat dan sabun. Setelahnya, kaki haru dikeringkan dengan handuk bersih hingga ke sela-sela jari. Hal ini bisa mencegah datangnya infeksi jamur yang bisa saja menyebabkan datangnya luka. Selain itu, jika penderita diabetes memiliki kondisi kulit kering, ada baiknya mengoleskan pelembab pada kaki. Meskipun begitu, bagian sela-sela jari tidak perlu diberi pelembab. Jangan biasakan merendam kaki terlalu lama karena bisa membuat kulit menjadi lebih rapuh dan rentan terkena infeksi.

Saat mencuci atau mengoleskan pelembab, ada baiknya penderita diabetes harus mengecek kondisi kakinya dengan teliti. Pastikan untuk mengecek kemunculan kapalan, bercak kemerahan, luka, goresan, atau bahkan pertumbuhan kuku. Selain itu, cek pula apakah ada kuku yang menguning atau rapuh, apakah ada pembengkakan pada kaki, hingga keberadaan kulit yang pecah-pecah atau melepuh. Pastikan pula untuk mengecek warna kulit kaki. Jika sampai ada yang terlihat kebiruan atau gelap, bisa jadi hal ini menandakan sirkulasi darah yang buruk yang tentu harus diperiksakan ke dokter.

Penderita diabetes juga harus mengecek kondisi telapak kakinya. Jika memang sulit untuk mengeceknya dengan detail, mereka bisa memakai cermin atau meminta bantuan orang lain untuk mengeceknya. Dengan melakukan berbagai hal tersebut, maka penderita diabetes pun akan mencegah datangnya luka atau amputasi dengan efektif.

Selain merawat kaki setiap hari, penderita diabetes juga harus berhati-hati dalam memilih atau menggunakan alas kaki. Pilihlah alas kaki yang nyaman dengan bahan yang tidak akan mudah memicu luka atau iritasi pada kaki. Selain itu, ada baiknya mereka juga memakainya saat berada di dalam rumah karena bisa jadi di dalam rumah terdapat benda-benda yang bisa menyebabkan luka pada kaki.