Redakan Sakit Tenggorokan dengan Beberapa Cara Berikut ini!

Doktersehat - Radang Tenggorokan
Photo Credit: Flickr.com/medkumo digital

DokterSehat.Com– Pada saat pergantian musim atau yang kerap disebut dengan pancaroba, berbagai macam gangguan kesehatan akan muncul, mulai dari flu, masuk angin, dan batuk. Berbagai gangguan tersebut seringkali menimbulkan gejala sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan memang sangat mengganggu, sebab akan menimbulkan rasa sakit terutama ketika sedang makan sehingga membuat nafsu makan menurun. Untuk meredakan sakit tenggorokan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Apa saja itu? Berikut diantaranya:

1. Madu

Tidak dapat dipungkiri lagi jika madu merupakan bahan herbal alami yang memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan. Tak heran jika madu kerap dijadikan sebagai obat herbal untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit, termasuk sakit tenggorokan. Anda hanya cukup mengonsumsi satu sendok madu setiap hari, maka sakit tenggorokan Anda akan segera sembuh.

2. Kumur Air Garam

Berkumur air garam tidak hanya ampuh menyembuhkan sakit gigi, melainkan juga dapat meredakan sakit tenggorokan. Beberapa penelitian menemukan fakta bahwa berkumur air garam beberapa kali sehari dapat mengurangi sakit tenggorokan. Tidak hanya itu, berkumur air garam juga bisa membantu mengeluarkan lendir dan membunuh bakteri.

3. Es

Umumnya, Anda akan menghindari minum es jika sedang batuk, flu dan sakit tenggorokan. Sebab, banyak yang beranggapan bahwa minum es dapat memperburuk kondisi tubuh ketika sedang flu maupun sakit tenggorokan. Akan tetapi, hal tersebut tidak berlaku bagi Anda yang sedang sakit tenggorokan dan tidak bisa menelan makanan dan minuman apapun. Pasalnya, ketika Anda menjilati es lilin atau es batu, sakit tenggorokan yang Anda alami bisa teratasi untuk sementara waktu. Hal ini dikarenakan makanan atau minuman dingin akanmembuat tenggorokan mati rasa untuk sementara dan Anda bisa makan lebih tenang.

4. Teh

Jika Anda sedang mengalami sakit tenggorokan, maka ada baiknya jika Anda minum teh. Anda bisa minum segala jenis teh, seperti teh hitam, teh hijau, teh herbal ataupun putih. Sebab, berbagai jenis teh tersebut memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Sehingga, mampu menghalau berbagai penyakit, termasuk sakit tenggorokan.