Terbit: 17 November 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Kista adalah jaringan yang menggelembung dan di dalamnya terdapat cairan. Gangguan ini bisa tumbuh di beberapa bagian tubuh dan pada wanita, kista lebih sering tumbuh di dalam rahim khususnya di ovarium. Kista jenis ini muncul akibat endometriosis yang tumbuh hingga menjala ke arah ovarium.

nyeri-akibat-kista-doktersehat

Kista yang muncul pada wanita tidak memiliki sifat kanker dan tergolong tumor jinak. Meski demikian, karena tumbuhnya lebih sering di ovarium ada kemungkinan terjadi masalah pada kesuburan dan yang paling sering terjadi adalah munculnya rasa nyeri yang hebat sehingga mengganggu aktivitas wanita.

Kalau Anda memiliki kista dan sering mengalami nyeri di area perut yang sudah ditahan, lakukan beberapa hal di bawah ini.

  1. Memberikan pijatan lembut

Kalau area di bawah perut terasa tidak nyaman dan sakit yang cukup kuat muncul, ada baiknya untuk melakukan pijatan lembut. Anda bisa menggunakan salep yang memberikan rasa hangat saat melakukan pijatan lembur. Oh ya, kalau saat dipijat terasa lebih sakit lebih baik dihindari saja.

Kalau pemijatan tidak cocok lebih baik hanya diolesi dengan salep atau bahan lain yang memberikan efek hangat atau dingin. Selanjutnya lakukan istirahat dengan baik. Ubah posisi tidur agar tidak menekan ke area perut dan memicu rasa sakit muncul kembali.

  1. Memberikan kompres air hangat

Rasa sakit dari kista bisa muncul karena di area gelembung yang terjadi gangguan aliran darah. Cara terbaik untuk mengatasi nyeri ini adalah dengan memberikan kompres air hangat. Rasa hangat akan meredakan rasa sakit perlahan-lahan dan membuat wanita menjadi nyaman. Selain itu aliran darah di sana bisa berjalan dengan lancar dan rasa sakit hilang.

Anda bisa melakukan pengompresan selama 10-20 menit atau hingga rasa sakit mulai hilang atau reda. Pengompresan bisa dengan handuk atau botol yang diisi air hangat.

  1. Kurangi peradangan dengan kompres es

Kalau rasa sakit di kista terus muncul dan menyebabkan bengkak di sekitar bawah perut, jalan satu-satunya untuk mengatasi hal ini adalah dengan kompres es. Gunakan handuk yang di dalamnya ada es atau sebelumnya sudah direndam dengan air es. Diamkan selama 10-20 menit hingga terasa nyaman.

  1. Lakukan olahraga secara teratur

Lakukan olahraga secara teratur setiap hari. Olahraga yang dilakukan tidak harus yang terlalu kuat atau intens. Jalan kaki, jogging ringan, hingga berenang juga bisa membuat rasa sakit tidak mudah muncul. Aliran darah yang lancar disinyalir membuat rasa sakit dari kista bisa dikurangi meski sesekali masih muncul.

Olahraga bisa dilakukan setiap hari dengan durasi sekitar 15-30 menit. Sesuaikan dengan kemampuan tubuh. Kala Anda tidak kuat melakukan olahraga setiap hari bisa melakukannya seminggu 3 kali asal konsisten.

  1. Lakukan latihan untuk mengurangi nyeri

Terkadang rasa sakit atau nyeri yang dialami oleh seorang wanita dengan kondisi kista juga disebabkan oleh stres. Beberapa wanita menganggap kalau kista bisa menyebabkan banyak masalah di kemudian hari. Akhirnya pikiran jadi terbebani dan meningkatkan hormon yang memicu rasa sakit jadi berlebihan.

Wanita disarankan untuk melakukan latihan pernapasan atau relaksasi untuk membuat dirinya tenang. Dengan membuat tenang, manajemen rasa sakit bisa dilakukan dengan baik sehingga aktivitas harian tidak akan terganggu. Kalau pun rasa sakitnya muncul, Anda bisa mengatasinya dengan mudah.

Inilah beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri pada perut akibat kista. Semoga setelah mengetahui beberapa cara di atas, Anda bisa mengatasi masalah nyeri dan bisa melakukan aktivitas harian dengan nyaman.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi