Terbit: 5 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Beberapa pria selalu menganggap kalau menggunakan produk perawatan kulit hanya dilakukan oleh wanita saja. Mereka terlalu macho atau maskulin untuk menggunakannya. Padahal perawatan kulit tidak ada hubungannya dengan sisi maskulin atau feminin dari seseorang.

5 Alasan Mengapa Pria Harus Menggunakan Produk Perawatan Kulit

Kulit pria dan wanita pada dasarnya sedikit berbeda. Pria memiliki kulit yang lebih kadar, gelap, dan berminyak. Dengan kondisi seperti ini masalah kulit bisa terjadi lebih serius khususnya pria yang bekerja di luar ruangan. Mereka rentan mengalami penyakit berbahaya seperti kanker kulit melanoma.

Nah, berangkat dari beberapa hal di atas, pria sudah seharunya mulai merawat kulitnya. Kalau Anda masih belum yakin, coba simak alasan lain mengapa pria harus menggunakan produk perawatan kulit.

  1. Pria jarang menjaga kesehatan kulitnya

Karena merasa tidak memerlukan produk perawatan kulit, pria jadi berisiko mengalami melanoma hingga lebih dari 50 persen. Pria cenderung bekerja di luar sehingga wajahnya mudah sekali terkena polusi dan bakteri. Dengan hanya mencuci dengan air kondisi ini tidak akan membaik.

Selain masalah sinar matahari yang membuat pria mudah terkena gangguan kulit, kebiasaan mereka juga meningkatkan peluang terjadi kanker. Pria yang merokok cenderung mudah mengalami melanoma dan gangguan lain sehingga mereka disarankan untuk merawat kulit dengan baik setiap hari.

  1. Mencegah kerusakan kulit

Menggunakan produk perawatan kulit mencegah rusaknya kulit akibat radikal bebas atau kondisi hormonal lainnya. Salah satu masalah kulit  yang sering terjadi pada pria adalah kerusakan akibat jerawat. Kulit jadi sering melepuh, robek, dan akhirnya muncul bekas hitam yang tidak bisa dihilangkan dengan mudah.

Membersihkan kulit secara berkala membuat kondisinya akan membaik perlahan-lahan. Pria tidak perlu pakai produk kecantikan seperti wanita. Cukup gunakan produk untuk mengurangi minyak di wajah atau menghilangkan bakteri di kulit. Dengan menggunakannya, kulit jadi lebih sehat dan kelembapannya terjaga.

  1. Mengatasi penuaan dini

Salah satu alasan penting dari menggunakan produk perawatan kulit adalah mencegah penuaan dini. Pria mungkin akan beranggapan kalai penuaan dini adalah hal yang biasa. Namun, kalau dibiarkan pria bisa memiliki wajah yang lebih tua dibandingkan dengan usianya.

Bagi beberapa orang, kondisi seperti ini cukup merugikan sehingga mereka harus melakukan perawatan dengan baik. Perawatan yang harus dilakukan pria adalah mencuci wajah hingga bersih setelah bekerja untuk mengurangi radikal bebas menempel cukup lama dan menyebabkan masakah yang cukup serius.

  1. Lebih menarik di depan pasangan

Anda mungkin beralasan kalau wajah tidak berpengaruh dengan kehidupan rumah tangga. Toh sudah memiliki pasangan, jadi tidak perlu melakukan perawatan terlalu rutin karena pasangan tetap akan menerima mereka apa adanya. Pandangan ini sebenarnya salah kaprah. Pasalnya wanita juga suka pasangan dengan wajah yang bersih.

Wajah pasangan yang bersih dan terawat dan bersih juga membuat wanita jadi lebih tertarik. Jadi, kalau pria suka dengan wanita yang dandan dengan baik dan terlihat cantik, kenapa mereka tidak membuat wajahnya jadi lebih sehat?

  1. Baik untuk karier

Mereka yang memiliki karier di dunia digital dan media harus memperhatikan wajah dengan baik. Memiliki wajah yang bersih dan sehat akan membuat mereka terlihat baik di depan khalayak. Jadi, selalu rawat kulit wajah dengan baik agar karier semakin baik. Tidak ada salahnya menunjang skill dengan body image yang bagus bukan?

Inilah lima alasan mengapa pria harus menggunakan produk perawat kulit wajah. Dari lima alasan di atas mana saja yang menurut Anda cukup penting?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi