DokterSehat.Com– Memiliki jenis kulit sensitif memang membuat Anda kerap kebingungan dalam memilih produk atau pun perawatan kecantikan yang tepat. Apalagi kulit sensitif tidak dapat menggunakan sembarang formula bahan karena dapat memicu iritasi mau pun alergi pada kulit atau bahkan breakout. Namun, Anda kini tidak perlu khawatir karena sudah banyak skincare yang didesain khusus untuk kulit sensitif. Kendati demikian, tidak ada salahnya untuk menggunakan skincare dengan kandungan ekstrak akar licorice. Akar licorice merupakan salah satu tanaman herbal yang dipercaya dapat merawat kulit sensitif.

doktersehat-menjaga-kulit-sensitif

1. Menjadikan Kulit Lebih Bersih

Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui jika akar licorice digunakan sebagai salahs atu obat tradisional dalam metode Ayurvedha. Dilansir dari laman Xtend Life, akar licorice dapat menekan produksi enzim tironase. Enzim satu ini merupakan enzim yang menstimulasi produksi melanin pada kulit. Bahkan, produksi melanin berlebih kerap menimbulkan flek atau pun noda hitam pada wajah yang menjadikan wajah terlihat lebih kotor. Anda yang memiliki kulit sensitif dapat menggunakan akar licorice untuk menghilangkan flek atau noda hitam tersebut.

2. Melindungi Kulit dari Sinar UV

Jangan sembarangan memilih suncreen untuk kulit sensitif. Pasalnya tidak semua bahan yang ada pada sunscreen dapat melindungi kulit sensitif. Gunakan skincare atau sunscreen dengan kandungan ekstrak akar licorice. Akar licorice mengandung bahan yang dapat menstimulasi produksi keratinocytes, salah satu sel kulit yang melindungi lapisan kulit paling atas. Keratinocytes akan melindungi kulit dari paparan sinar UV yang menyebabkan penuaan dini dan hyperpigmentasi.

3. Menjaga Kulit Awet Muda

Masalah satu ini merupakan masalah yang akan dihadapi oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif. Namun Anda dapat menyiasatinya dengan menjaga produksi kolagen tetap berjalan dengan lancar. Salah satunya adalah dengan menggunakan akar licorice. AKar licorice merupakan bahan yang sangat aman digunakan untuk kulit sensitif. Apalagi ekstrak akar licorice juga menstimuasi produksi kolagen yang menjadikan kulit tetap kencang dan bebas keriput.

Salah satu alasan mengapa akar licorice banyak disarankan untuk pemilik kulit sensitif adalah formula bahan yang terkandung di dalamnya. Kendati memiliki formula bahan yang lembut dan ringan, akar licorice juga menjadikan kulit menjadi lebih sehat. Bahkan, sangat aman digunakan untuk berbagai macam kondisi kulit sensitif.