Terbit: 14 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi Anda yang sudah terbiasa menjalani gaya hidup sehat tentu sudah tidak asing dengan quinoa. Bahan yang tergolong ke dalam biji-bijian ini juga disebut sebagai salah satu makanan super yang baik dalam menjaga kesehatan tubuh. Tidak heran jika quinoa sering disarankan untuk dikonsumsi selama menjalani diet. Namun, siapa yang menyangka jika quinoa ternyata juga dapat digunakan untuk merawat kesehatan kulit secara alami.

Merawat Kulit Secara Alami dengan Quinoa

1. Menjaga Kulit Tetap Awet Muda

Salah satu manfaat quinoa untuk kulit adalah menjaga kulit tetap awet muda, kencang dan bebas keriput. Dilansir dari laman Newsweek, quinoa mengandung salah satu bahan yang disebut dengan lysine. Lysine sendiri merupakan bahan aktif yang diperlukan oleh tubuh. Terutama untuk merangsang pembentukan kolagen dan elastin. Kolagen merupakan salah satu bahan yang menjadikan kulit terasa lebih kenyal dan bebas dari garis halus penyebab keriput. Sedangkan elastin merupakan bahan alami pada lapisan kulit yang menjaga keelastisitasan kulit.

2. Mempercepat Proses Penyembuhan Kulit

Tidak hanya mengandung lysine, quinoa juga dilengkapi dengan vitamin E. Vitamin E sendiri merupakan salah satu vitamin yang sangat diperlukan dalam menjaga kesehatan kulit. Tidak hanya mencegah radikal bebas pada kulit, vitamin E juga membantu menjaga kelembapan kulit secara optimal. Lebih lanjut, vitamin E juga mampu memperbaiki jaringan tisu yang rusak sehingga luka pada kulit dapat sembuh dalam waktu lebih singkat.

3. Membantu Mencerahkan Kulit

Siapa yang menyangka jika quinoa ternyata juga dikenal sebagai bahan pencerah alami. Hal ini rupanya disebabkan oleh adanya kandungan vitamin B. Dilansir dari laman Newsweek, vitamin B merupakan salah satu bahan aktif yang mampu mengurangi produksi melanin pada kulit. Sebagai tambahan informasi, melanin menyebabkan kulit mengalami pigmentasi atau pun munculnya flek hitam. Tidak hanya vitamin B saja, quinoa juga mengandung enzim tironase yang mencerahkan kulit secara alami.

Kendati quinoa memiliki beragam manfaat bagi kulit, bukan berarti Anda juga harus melewatkan sejumlah perawatan kulit yang dilakukan secara rutin. Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang sesuai dengan kondisi kulit sembari mengonsumsi quinoa atau menggunakan produk yang mengandung ekstrak quinoa. Hal tersebut tentu saja akan memberikan hasil yang optimal bagi kesehatan dan kecantikan kulit.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi