Terbit: 20 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mendapatkan kulit yang sehat dan cantik tidak hanya dilakukan dengan mengaplikasikan produk-produk perawatan kulit saja. Anda juga bisa mengatasinya dengan melakukan sejumlah olahraga. Salah satunya adalah yoga yang sudah sejak lama dikenal mampu menyeimbangkan dan menjaga kesehatan tubuh.

Merawat Kulit dengan Pranayama

Bicara soal yoga, terdapat salah satu teknik yang memang ampuh untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Teknik tersebut dinamakan dengan Pranayama. Pranayama sendiri menekankan teknik pernafasan yang akan menjadikan kulit terasa lebih segar dan tampak lebih bercahaya. Berikut sejumlah tahapan yang dilakukan dalam Pranayama.

1. Kapalabhati

Dilansir dari laman Stylecraze, salah satu teknik dalam Pranayama adalah kapalabhati. Kapalabhati sendiri merupakan salah satu teknik pernafasan yang bertujuan untuk membersihkan zat-zat kotor dan beracun dari dalam tubuh. Teknik pernafasan yang juga disebut dengan skull-shining ini akan menjadikan darah menjadi lebih bersih dan melancarkan peredaran darah yang menjadikan kulit tampak lebih bercahaya dan lembap.

2. Anulom Vilom

Teknik kedua yang termasuk ke dalam Pranayama adalah anulom vilom. Teknik satu ini merupakan teknik pernafasan yang lebih berat dibanding kapalabhati. Anulom vilom juga menekankan pernafasan melalui nostril dan bertujuan untuk memperbanyak asupan oksigen. Kondisi yang demikian ternyata juga membuat sel kulit lebih sehat dan terhindar dari proses oxidative stress penyebab penuaan. Tidak heran jika anulom vilom menjadikan kulit tampak lebih bercahaya sekaligus tetap awet muda.

3. Bhastrika Pranayam

Teknik terakhir yang juga termasuk ke dalam Pranayama adalah basthika pranayam. Dibandingkan dengan kedua teknik sebelumnya, bhastrika Pranayam dilakukan untuk meningkatkan energi di dalam tubuh sekaligus mengoptimalkan fungsi dari sel-sel tubuh, termasuk sel kulit. Jadi, jangan heran jika teknik satu ini akan menjadikan kulit terasa lebih segar dan tampak lebih sehat dari biasanya.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Kendati Pranayama dapat dilakukan oleh kapan dan di mana saja, teknik satu ini harus dilakukan dengan benar. Akan lebih baik jika Anda juga didampingi dengan praktisi yoga yang sudah pro untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu, imbangi pula dengan gaya hidup yang lebih sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi