Merasa Mulas Setelah Minum Kopi? Ternyata Ini Penyebabnya

doktersehat-kopi-demensia

DokterSehat.Com– Ada sebagian orang yang sengaja minum kopi di pagi hari sebagai penghilang rasa kantuk sekaligus sebagai cara agar mereka bisa buang air besar dengan lancar. Sebuah pertanyaan pun muncul, bagaimana bisa sih kopi mampu membuat kita merasa mulas setelah mengkonsumsinya? Berikut adalah jawabannya.

Pakar kesehatan Satish Bao yang berasal dari Georgia Regents University menyebutkan bahwa kandungan kopi yang kita konsumsi ternyata akan segera memicu kontraksi pada usus yang akhirnya mendorong kotoran untuk berjalan menuju bagian rektum atau anus. Dalam penelitian yang dilakukannya, kafein pada kopi dan beberapa jenis makanan tertentu ternyata memang bisa mempercepat gerakan usus dan memicu kontraksi.

Bao menyebutkan bahwa 1 menit setelah kopi kita teguk, ratusan senyawa di dalam kopi yang mencapai perut ini akan merangsang produksi hormon-hormon tertentu dalam tubuh layaknya motilin yang akhirnya bisa merangsang kontraksi pada usus gastrin. Tak hanya membuat kotoran bergerak ke arah anus dengan lebih cepat, hal ini akan memicu sekresi asam pada perut yang membuat kita merasa mulas.

Hanya saja, sebagian ilmuwan lainnya menyebutkan bahwa hal ini juga dipengaruhi oleh usus kita yang secara alami memang lebih aktif dua kali lipat di pagi hari karena faktor jam biologis tubuh. Hal ini berarti, kopi hanya menjadi faktor pendukung saja penyebab kita mulas-mulas setelah mengkonsumsinya di pagi hari.

JIka kita tidak ingin merasakan sensasi mulas dengan berlebihan di pagi hari, khususnya jika kita sejak pagi buta sudah harus disibukkan dengan banyak hal atau melakukan perjalanan jauh menuju tempat kerja, ada baiknya kita menunggu dua jam setelah bangun tidur agar usus bisa melakukan fungsinya secara alami. Setelahnya, kita bisa mengkonsumsi sarapan pagi yang sehat yang ternyata juga bisa secara alami merangsang kontraksi pada usus.