Terbit: 23 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Merangkak merupakan salah satu fase penting pada bayi untuk perkembangan motoriknya. Merangkak adalah latihan dasar koordinasi tubuh yang dapat membantu anak untuk beraktivitas seperti berjalan dan melakukan aktivitas lainnya. Namun ternyata merangkak juga punya manfaat lain, yaitu melatih konsentrasi anak.

Merangkak Ternyata Penting Bagi Konsentrasi Bayi

Perkembangan merangkak pada anak

Fase merangkak sebenarnya merupakan fase yang penting bagi anak. Banyak orang tua yang merasa bangga ketika si kecil tidak merangkak, namun sebenarnya merangkak adalah fase yang sebaiknya tidak dilewatkan. Sementara itu banyak juga orang tua yang khawatir jika bayinya terlalu lama dalam fase ini, namun sebenarnya anak lama merangkak adalah hal yang normal.

Umumnya bayi mulai merangkak pada usia 7-8 bulan. Hal ini dimulai dari bayi yang suke mengangkat badan dan pantatnya dengan kedua tangan dan kaki sebagai penopang. Sejak bayi bisa melakukan hal ini, ia akan mulai sering merangkak.

Manfaat merangkak pada bayi

Merangkak bukan hanya menguatkan otot-otot gerak bayi, namun merangkak juga memiliki banyak manfaat lain bagi si kecil, di antaranya:

1. Bayi lebih mengenali lingkungan sekitar
Saat merangkak, bayi akan melihat barang-barang yang ada di sekitarnya dengan lebih detail. Merangkak dapat membantu kemampuan visual dan spasial bayi untuk mengenali obyek dan dan mengingat bentuk serta tekstur barang yang dilihatnya. Saat merangkak, otot dan saraf bayi akan terlatih untuk gerakan bayi yang lebih sempurna.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

2. Merangkak membuat kekebalan bayi meningkat
Saat merangkak, bayi akan lebih senang berguling-guling di lantai sehingga mulut dan lubang hidung bayi juga akan berada lebih dekat di lantai. Dengan demikian mereka akan lebih fokus pada udara yang mereka hirup. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa merangkak dapat meningkatkan sistem kekebalan bayi dan mengurangi risiko asma.

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun Anda tetap perlu menjaga kondisi kebersihan dan keamanan rumah ketika bayi berada dalam fase merangkak. Bersihkan karpet dan lantai yang ada di rumah secara rutin untuk mencegah si kecil alergi debu atau gatal-gatal.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi