Tips Menyusui Setelah Operasi Caesar

menyusui setelah caesar
Designed by Freepik

DokterSehat.Com– Bagi para ibu yang melahirkan dengan operasi casear umumnya sering merasa resah tidak bisa segera menyusui bayinya secara langsung. Namun tak perlu kahwatir, ibu yang melahirkan dnegan operasi caesar tetap bisa menyusui si kecil seperti persalinan normal.

Tips menyusui setelah operasi caesar

Kondisi ibu yang menjalani operasi caesar membutuhkan pemulihan lebih lama dibanding ibu yang melahirkan dengan persalinan normal. Kondisi ini kadang membuat ibu kesulitan untuk menyusui. Namun hal tersebut tentunya tidak boleh menghalangi si kecil untuk mendapatkan manfaat ASI. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menyusui setelah operasi caesar antara lain:

1. Cari posisi paling nyaman untuk menyusui

Usai operasi caesar Anda mungkin belum bisa menyusui dengan duduk. Anda bisa mengganti posisi tersebut dengan berbaring miring dengan bantal di bawah kepala dan di bawah lutut.

Bantal di bawah lutut berfungsi untuk mengurangi terjadinya ketegangan otot perut. Anda mungkin membutuhkan bantal kecil sebagai penyangga posisi bayi agar posisinya tetap menghadap payudara Anda.

Selain posisi tersebut Anda juga bisa menyusui dengan posisi football hold, yaitu posisi memegang kepala bayi dengan tangan, lalu mengarahkan kakinya di bawah ketiak Anda. Posisi ini termasuk posisi yang banyak dipilih untuk ibu untuk menyusui bayi.

2. Minta bantuan orang lain

Luka bekas jahitan operasi mungkin akan membuat Anda sulit bergerak. Untuk itu Anda sebaiknya meminta bantuan orang lain untuk membantu proses menyusui. Terkadang Anda butuh bantuan untuk mengubah posisi bayi atau membetulkan posisi Anda agar tetap nyaman. Pastikan ada perawat atau anggota keluarga lain yang bisa Anda mintai tolong untuk melakukannya.

3. Gunakan bantal yang nyaman

Menyusui dapat berlangsung sangat lama dan dalam frekuensi yang sering, sehingga posisi menyusui Anda sangat penting untuk kelancaran menyusui. Gunakan bantal empuk dan nyaman untuk menyangga badan Anda atau si kecil agar tetap nyaman saat menyusui.