Benarkah Menyusui dapat Menyebabkan Payudara Kendur?

doktersehat menyusui payudara kendur

DokterSehat.Com– Menyusui tentunya menjadi momen paling penting bagi ibu dan bayi. Bukan hanya memenuhi nutrisi bayi, namun juga untuk menguatkan ikatan antara ibu dan bayi. Namun banyak ibu yang enggan menyusui karena dapat mengubah bentuk payudara.

Payudara bisa kendur?

Menyusui merupakan salah satu hal yang alamiah terjadi pada ibu yang baru saja melahirkan. Sejak masa kehamilan sebenarnya ukuran dan bentuk payudara wanita dapat berubah-ubah.

Saat hamil payudara akan tampak membesar dan kencang karena perkembangan jaringan untuk mempersiapkan proses menyusui. Sedangkan pada masa menyusui, payudara akan terasa penuh ketika banyak mengandung ASI.

Saat menyusui, kulit dan jaringan payudara akan meregang. Setelah masa menyusui berakhir, jaringan payudara tersebut tidak lagi menghasilkan air susu sehingga mengalami penyusutan bentuk payudara. Hal ini yang menyebabkan payudara terlihat mengendur.

Menyusui bukan satu-satunya faktor yang dapat menyebabkan payudara kendur. Beberapa hal seperti indeks masa tubuh, usia, gaya hidup, frekuensi kehamilan yang dialami juga dapat memengaruhi kendur atau tidaknya payudara. Hal yang perlu diingat, payudara akan kendur baik pada wanita yang menyusui atau tidak.

Cara mencegah payudara kendur

Payudara kendur umumnya membuat wanita tidak percaya diri. Cara paling cepat untuk memperbaiki bentuk payudara tersebut adalah dengan melakukan operasi. Anda juga dapat mencegah payudara kendur dengan cara alami seperti melakukan olahraga yang memperkuat otot payudara seperti push up, side plank, atau angkat beban.

Selain olahraga, perbanyak konsumsi asupan sayur dan buah segar untuk menjaga jaringan payudara tetap sehat. Hindari merokok karena nikotin dan kandungan lain pada rokok dapat memengaruhi kolagen dan elsitisitas payudara.