Tips Menyusui Anak Tumbuh Gigi yang Nyaman untuk Ibu

beberapa-tips-menyusui-anak-tumbuh-gigi-yang-nyaman-untuk-ibu-doktersehat

DokterSehat.Com – Menyusui adalah saat yang penting bagi ibu dan anak untuk memiliki ikatan yang kuat. Para wanita yang belum lama ini menjadi ibu menyusui pasti tengah asyik melewati momen-momen hangat yang penuh kasih sayang bersama anaknya. Namun, momen indah menjadi ibu menyusui ini mengalami gangguan pada saat mulai ada beberapa tanda anak tumbuh gigi.

Tanda anak mulai tumbuh gigi

Pada umumnya, anak tumbuh gigi susu mulai usia 4 sampai 7 bulan. Tumbuhnya gigi susu pada anak diawali oleh beberapa tanda. Beberapa tanda-tanda umum anak tumbuh gigi susu meliputi :

1. Rewel

Tanda utama saat anak tumbuh gigi pada fase menyusui ini adalah menjadi rewel. Anak Anda akan sering menangis tiba-tiba. Alihkanlah kerewelannya dengan memberikan perhatian lebih banyak agar dia menjadi lebih tenang.

Baca juga: Tips Meredakan Rewel Bayi yang Tumbuh Gigi

2. Kelebihan air liur

Kelebihan air liur atau ‘ngeces’ adalah salah satu tanda anak tumbuh gigi. Jangankah membiarkan air liur terus keluar. Keringkanlah air liur segera saat itu mulai keluar. Perhatikan terus pakaiannya agar tetap bersih akibat terkena air liur yang sedang berlebih.

3. Mengunyah mainan atau tangan

Saat anak mulai mengunyah mainannya atau tangannya maka itulah salah satu tanda anak tumbuh gigi. Pastika kebersihan dan keamanan mainan dan benda-benda yang ada di sekelilingnya pada saat anak tumbuh gigi.

4. Demam ringan

Demam ringan merupakan tanda bahwa anak tumbuh gigi. Namun tetaplah mengawasi suhu tubuh anak Anda. Jika bayi Anda memiliki suhu lebih dari 38 derajat Celcius maka sebaiknya segera pergi ke dokter. Hal ini dikarenakan, demam yang tinggi bisa menjadi indikator anak sedang sakit.

5. Gusi merah atau membengkak

Lihatlah mulut bayi Anda untuk melihat apakah gusinya terlihat merah atau membengkak. Tanda merah atau bengkak pada gusi merupakan tanda bahwa terdapat gigi di bawahnya dan akan segera muncul.

Tips nyaman menyusui anak tumbuh gigi

Kabar anak tumbuh gigi tentunya membuat Anda senang karena anak Anda memiliki kemajuan perkembangan dan pertumbuhan. Akan tetapi, di lain sisi hal ini membuat Anda cemas terkait aktivitas menyusui. Tenang saja bunda, ikutilah beberapa tips menyusui anak tumbuh gigi yang nyaman untuk ibu menyusui di bawah ini :

1. Berikan alternatif benda untuk dikunyah

Tips nyaman menyusui anak tumbuh gigi yang pertama adalah dengan memberikan anak Anda sesuatu benda untuk dikunyah sebelum dan sesudah menyusui. Benda tersebut haruslah benda yang aman dan cocok untuk dikunyah oleh anak Anda, seperti teether, kain, mainan lembut, dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk meringankan gusi pada anak.

2. Memijat gusi bayi

Tips selanjutnya untuk menyusui anak tumbuh gigi adalah dengan memijat gusi anak Anda. Pijatlah gusi anak dengan jari yang bersih.  Hal ini bermanfaat untuk meringankan gusi anak sehingga membuatnya lebih tenang saat menyusui.

3. Variasi sisi payudara saat menyusui

Ibu menyusui itu harus kreatif. Mengapa harus demikian? Hal ini dikarenakan anak bayi cenderung bosan dengan hal-hal yang monoton. Saat Anda melakukan perubahan sisi payudara maka bayi Anda tidak merasa bosan. Variasi sisi payudara saat menyusui juga bisa untuk mengganti sisi payudara yang sedang sakit.

4. Berikan ASI perah

Biasanya anak tumbuh gigi mulai merasa gelisah saat menyusu. Saat bayi Anda mulai menolak untuk disusui tetaplah untuk terus tawarkan payudara Anda tetapi jangan sampai memaksanya. Akan tetapi, jika anak Anda masih tidak mau menyusu langsung melalui payudara secara langsung maka berikanlah dia ASI perah melalui cup feeder atau sendok.

Baca juga: Ini Alasan Mengapa Ada Baiknya Kita Tidak Memakai Botol Dot Saat Memberikan ASI Perah…

5. Perlakukan dengan penuh cinta selama menyusui

Perlakukanlah anak Anda dengan penuh cinta selama menyusui. Hal ini bisa mencegah Anda dari gigitan bayi dan hal yang membuat tidak nyaman bagi ibu menyusui. Berikanlah perhatian pada bayi Anda seperti dengan kontak mata, berbicara, menyentuh, dan membelai penuh kasih saat proses menyusui berlangsung.

6. Hentikan menyusui untuk sementara saat anak menggigit

Ibu menyusui pun juga bisa mengajarkan anaknya yang masih bayi tentang ketegasan. Jika bayi Anda terus menggigit maka hentikanlah menyusui untuk sementara waktu.

Anda bisa meletakkannya dulu di atas kasur dan mengajaknya bicara seolah menasihatinya. Lakukanlah setiap anak menggigit Anda selama menyusu maka lama kelamaan anak Anda akan memahami sinyal teguran ini dan berhenti menggigit.

7. Berikan hadiah bila anak tidak menggigit saat menyusu

Sistem penghargaan juga bisa menjadi tips menyusui yang nyaman bagi ibu menyusui dengan anak tumbuh gigi. Bagi anak tumbuh gigi yang telah memiliki gigi susu dengan jumlah banyak, Anda bisa memberikannya hadiah berupa pelukan, ciuman, dan pujian apabila dia tidak menggigit selama menyusu.