Tidak Percaya Diri dengan Jidat Jenong? Begini Cara Mudah Menyiasatinya!

jenong-doktersehat

DokterSehat.Com – Kondisi jidat yang lebar dan juga menonjol biasa disebut dengan jidat jenong. Bagi sebagian orang jidat jenong tidak menjadi masalah, namun bagi sebagian lainnya jidat jenong juga bisa menjadi masalah yang sangat megganggu penampilan. Orang yang memiliki jidat lebar juga sering kali di-bully dengan diberikan julukan ‘jenong’.

Meskipun hanya sebuah candaan, tetapi tetap saja julukan tersebut bisa membuat seseorang minder dan jadi kurang percaya diri. Memang jidat jenong tidak selalu merusak penampilan, tapi jika Anda merasa kurang percaya diri dengan jidat jenong Anda, berikut cara mudah dan cepat yang bisa Anda lakukan untuk menyiasatinya!

Menumbuhkan Rambut di Area Jidat

Pilihan cara menyiasati jidat jenong yang pertama ini bisa dilakukan oleh pria maupun wanita. Caranya adalah dengan menumbuhkan rambut di area jidat atau dahi. Kerontokan rambut dekat area jidat memang bisa membuat jidat semakin jenong.

Maka dari itu untuk menutupi jidat jenong itu kembali, Anda bisa mencoba menumbuhkan kembali rambut di area tersebut. Berikut adalah beberapa cara menumbuhkan rambut di dahi yang bisa menjadi pilihan Anda.

  • Cara Alami

Menumbuhkan rambut di jidat bisa dilakukan dengan cara alami. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang memiliki khasiat untuk merangsang folikel rambut agar rambut dapat tumbuh dengan cepat. Berbagai bahan yang alami yang dapat Anda gunakan antara lain adalah minyak kemiri, minyak zaitun, minyak kelapa, minyak urang aring, seledri, dan masih banyak lagi.

  • Menggunakan Obat

Cara kedua untuk menumbuhkan rambut adalah dengan mengonsumsi obat yang dapat mengatasi rambut rontok sekaligus merangsang pertumbuhan rambut. Salah satu jenis obat yang terkenal dengan kemampuannya menumbuhkan rambut adalah minoxidil. Jika memilih cara yang satu ini sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter.

  • Transpalantasi Rambut

Cara menumbuhkan rambut di jidat adalah dengan transplantasi rambut. Cara ini terbilang praktis dan cepat, namun tentunya membutuhkan biaya yang juga tdak murah. Transplantasi rambut bisa dengan cara donor rambut dari rambut kita sendiri dan bisa juga menggunakan rambut sintetis.

Jika ingin melakukan transplantasi rambut, Anda juga sebaiknya berkonsultasi ke dokter ahli spesialis kulit dan kelamin terlebih dulu.

Mengompres Dahi

Cara mengatasi jidat jenong yang kedua adalah dengan mengompresnya. Cara ini harus Anda lakukan dengan konsisten setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Terdapat dua pilihan kompres jidat yang dipercaya dapat mengatasi jidat jenong.

Kompres yang pertama adalah dengan menggunakan kain yang di dalamnya terdapat abu hangat yang dicampurkan dengan daun jarak. Sedangkan kompres yang kedua adalah dengan menggunakan botol kaca berisikan air dengan suhu 50 derajat celcius yang dicampur dengan akar bunga tapak dara.

Pilih Gaya Rambut Berponi

Anda juga bisa menyiasati jidat jenong dengan memilih gaya rambut yang tepat. Gaya rambut berponi akan mampu untuk menutupi jidat Anda. Selain itu, gaya rambut yang bervolume juga bisa memberikan ilusi jidat yang tidak terlalu lebar.

Manfaatkan Teknik Make Up

Para wanita tentunya sudah tidak asing lagi dengan kegunaan make up. Tidak hanya dapat membuat penampilan lebih cantik, make up juga mampu memberikan berbagai ilusi pada wajah kita. Selain bisa membuat pipi menjadi tirus dan mata menjadi lebih lebar atau lebih sipit, make up juga bisa membuat jidat lebar menjadi tersamarkan.

Bentuk alis ke atas dan teknik contouring pada jidat bisa membuat jidat jenong Anda tersamarkan. Sedangkan penggunaan bold make up di bibir bisa mendistraksi orang agar tidak fokus ke bagian jidat Anda.

Gunakan Aksesoris Rambut

Cara menyiasati jidat jenong selanjutnya adalah dengan menggunakan aksesoris rambut. Selain menyembunyikan jidat jenong, aksesoris rambut juga bisa mempermanis penampilan. Anda bisa memilh aksesoris rambut sesuai dengan momen menggunakannya.

Topi dan bandana bisa Anda gunakan untuk sehari-hari. Penggunaan headband bisa Anda pilih ketika ingin berlahraga. Pada kesempatan menghadiri acara formal Anda bisa menggunakan headpiece untuk menutupi jidat jenong Anda.

Jidat jenong memang bisa dikurangi dan juga disembunyikan, tetapi yang lebih penting lagi adalah Anda harus tetap percaya diri bagaimanapun penampilan Anda.