Cara Menghindari Varises Beserta Teknik Menyembuhkannya

varises-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Varises dan vena laba-laba merupakan sebuah penyakit yang sering dialami oleh seseorang di atas 20 tahun. Penyakit ini menyerang kaki sehingga membuat tampilan kaki menjadi kurang menarik. Varises merupakan kelainan pada pembuluh darah vena yang bengkak atau membesar pada tungkai. Penyakit ini disebabkan oleh kegagalan atau kerusakan katup pada vena.

Varises biasanya mudah menyerang orang yang berdiri terlalu lama saat bekerja dan juga kehamilan, yang menyebabkan stress pada pembuluh darah kaki sehingga kegagalan atau kerusakan pada katup-katup vena.

Ada beberapa cara ntuk menghindari varises, diantaranya adalah Anda harus memerhatikan berat badan, olahraga teratur yang bisa meningkatkan sirkulasi dan memperkuat pembuluh darah, meletakkan kaki pada tempat pada posisi yang lebih tinggi dari badan dan kepala, jangan membiasakan diri menyilangkan kaki saat duduk, tidak duduk atau berdiri dalam kurun waktu yang cukup lama, dan yang terakhir adalah menghindari penggunaan pakaian ketat dan sepatu hak tinggi.

Varises bisa disembuhkan dengan perawatan medis. Selain itu, ada juga 3 jenis teknik pengobatan yang bisa menyembuhkan varises. Berikut adalah ketiga teknik pengobatan tersebut.

1. Endovenous Laser Treatment

Teknik pengobatan pertama yang bisa menyembuhkan varises adalah endovenous laser treatment. Teknik pengobatan ini adalah suatu tindakan minimal invasive klinis yang terbukti sangat efektif dan aman dalam mengobati varises. Teknik ini pengobatan menggunakan sebuah alat laser serat optik, yakni dengan memberikan energi dalam vena. Dengan teknik pengobatan ini, membuat dinding vena lengket dan varises akan hilang.

2. Injeksi Skleroterapi

Teknik pengobatan varises ini biasanya dilakukan di poliklinik dengan menggunakan sebuah jarum yang sangat halus. Namun Anda tidak perlu khawatir, sebab jarum-jarum halus tersebut ketika di tempatkan ke dalam vena tidak menimbulkan rasa sakit. Selain jarum-jarum halus, sejumlah cairan sklerotik juga disuntikkan ke dalam vena.

3. Mini Phlebectomy

Ini adalah teknik pengobatan varises yang terakhir. Dalam teknik mini phlebectomy, terdapat satu metode yakni menghilangkan varises pada permukaan kaki yang dilakukan di kamar operasi dengan anestesi lokal. Sebab, membutuhkan tusukan kecil atau sayatan di atas varises dan mengangkat varises tersebut.