Terbit: 20 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Serangga merupakan salah satu jenis binatang yang sering kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Binatang yang satu ini termasuk ke dalam jenis intervebrata yang mempunyai sayap dan mempunyai banyak jenis. Salah satu jenis serangga yang banyak dihindari adalah lebah karena bisa menyengat. Akibat dari sengatan lebah tersebut akan menimbulkan rasa sakit, apalagi jika didiamkan hingga dalam waktu yang cukup lama.

Bahan Alami untuk Menyembuhkan Sengatan Lebah

Meskipun rasa sakit akibat gigitan lebah tidak akan menimbulkan dampak buruk dan berbahaya pada kesehatan, namun Anda harus segera mengobatinya karena rasa sakit yang ditimbulkan cukup membuat Anda merasa terngganggu. Tapi Anda bisa menyembuhkan sengatan lebah dengan menggunakan bahan alami yang bisa Anda buat sendiri dengan mudah. Berikut diantaranya:

1. Bubuk Soda Kue

Mungkin selama ini Anda hanya tahu bahwa soda kue hanya bisa berfungsi untuk menghilangkan noda pada baju atau kulit saja. Padahal, soda kue mempunyai segudang manfaat, salah satunya adalah untuk menyembuhkan sengatan lebah. Caranya, bubuk soda kue diberi air dan dijadikan sebagai pasta. Kemudian usapkan pasta soda kue ke area kulit yang disengat lebah tersebut. Setelah itu, tutup dengan perban dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.

2. Lidah Buaya

Tidak hanya bisa dijadikan sebagai bahan alami untuk perawatan rambut saja, lidah buaya bisa Anda sulap menjadi obat yang ampuh untuk menyembuhkan sengatan lebah. Anda hanya perlu memisahkan kulit dan daging lidah buaya. Daging lidah tersebut bisa Anda peras ke daerah yang terkena gigitan lebah secara menyeluruh.

3. Madu

Anda pasti tahu bahwa madu sering digunakan sebagai obat herbal yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Madu memang memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan, terutama untuk menyembuhkan luka akibat sengatan lebah. Praktiknya cukup mudah, yakni dengan cara mengoleskan madu ke area tang terkena sengatan, lalu tutup dengan perban agak longgar, dan biarkan selama satu jam atau lebih.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi