3 Kiat Meredakan Demam Tanpa Obat

doktersehat-sakit

DokterSehat.Com– Demam adalah kondisi tubuh yang sedang tak sehat yang ditandai dengan suhu tinggi sehingga tubuh menjadi lebih hangat. Demam sendiri biasa diistilahkan sebagai pertanda bahwa sel antibodi di dalam tubuh seseorang sedang melawan virus atau bakteri yang menyerang.

Saat demam, biasanya seluruh organ tubuh menjai tidak normal, contohnya adalah organ perasa, yaitu lidah. Ya, saat sedang demam, setiap makanan yang dikonsumsi pasti memiliki rasa yang hambar dan terkadang pahit sehingga tak heran jika orang yang sedang demam menjadi tak selera makan.

Untuk mengatasi demam, biasanya seseorang akan mengonsumsi obat-obatan untuk meredakannya. Tapi, bagi yang anti obat-obatan, mungkin agak sedikit susah sebab demam terbilang sebagai masalah kesehatan yang perlu diwaspadi.

Kendati sedikit susah, sebenarnya ada cara alami yang bisa digunakan sebagai pereda ketika sedang demam tanpa harus menggunakan obat-obatan. Dilansir dari laman Besthealthmag, berikut adalah beberapa caranya:

1. Mandi Air Hangat

Memang sedikit aneh, pasalnya orang demam dianjurkan untuk tidak mandi. Namun, yang perlu Anda ketahui adalah larangan mandi pada orang demam menggunakan air dingin. Tapi jika mandi menggunakan air hangat, banyak pakar yang tidak mempermasalahkannya, bahkan dianjurkan untuk merileksasi tubuh, otot, dan aliran darah sehingga demam cepat mereda.

2. Makan Pedas

Untuk cara yang satu ini memang terkesan konvensional. Sebab, trik ini berasal dari orang zaman dulu yang percaya bahwa demam bisa disembuhkan dengan makanan pedas. Sebab, makanan pedas akan merangsang sirkulasi darah pada tubuh agar demam segera hilang. Namun, perlu diperhatikan juga kondisi lambung Anda. Jika Anda memiliki riwayat penyakit lambung, alangkah baiknya untuk tidak mengonsumsi makanan pedas.

3. Perbanyak Air Putih

Cara yang paling ampuh dalam meredakan demam adalah dengan perbanyak minum air putih. Sebab, air putih bisa melawan infeksi serta virus yang sedang menyerang tubuh. Walau rasanya pahit, alangkah baiknya Anda paksakan untuk minum air putih agar demam cepat mereda.