Sehatkan Sperma dengan 3 Jenis Makanan ini

doktersehat-sperma-dan-mandul

DokterSehat.Com– Bicara mengenai kesehatan sperma memang sangat sulit dijelaskan. Pasalnya, sperma sendiri tidak bisa didefinisikan sehat hanya karena dari bentuk serta tekstur kekentalannya. Sebab, pada sebagian kasus terjadi, justru sperma yang cair malah bisa membuahi, daripada sperma yang kental. Hal itu menandakan bahwa tidak ada ciri khusus yang bisa menggambarkan kesehatan sperma secara mendetail.

Namun, kendati demikian, sudah menjadi kewajiban bagi setiap pria untuk menjaga kesehatan spermanya. Sebab, bagaimanapun juga kualitas sperma sangat berperan penting dalam pembuahan sehingga bisa mendapatkan keturunan.

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kualitas sperma, misalnya menerapkan pola hidup sehat denga rutin berolahraga, berhenti merokok, tidak minum alkohol, serta istirahat cukup. Namun, tidak sampai di situ saja, pasalnya Ada beberapa makanan yang juga bisa membuat sperma menjadi lebih sehat dan berkualitas. Dilansir dari laman TheHealthSite, berikut adalah daftar makanan yang bisa membuat sperma menjadi lebih sehat dan berkualitas:

1. Bayam

Sayur yang identik dengan figur Popeye ini memang sangat baik bagi kesehatan, salah satunya menyehatkan sperma. Hal tersebut dikarenakan bayam mengandung asam folat yang bisa mencegah kecacatan produksi sperma. Maka dari itu, semakin sering mengonsumsi bayam, maka akan semakin baik pula proses pematangan sperma tersebut.

2. Labu

Mungkin labu tidak cukup terkenal bagi kesehatan sperma, tapi perlu Anda ketahui bahwa hal ini telah dibuktikan oleh berbagai macam penelitian. Dalam labu, khususnya bagian biji, mengandung senyawa phytosterols yang bisa meningkatkan kadar hormon testosteron di dalam tubuh pria. Maka dari itu, biji labu sering disebut sebagai kunci dari kesehatan dan kualitas sperma seorang pria. Selain itu, rutin mengonsumsi biji labu juga bisa mencegah terjadinya pembesaran prostat dan melancarkan aliran darah pada bagian vital.

3. Asparagus

Asparagus adalah salah satu jenis sayuran yang banyak tersedia di pasar atau pusat perbelanjaan. Banyak yang mengatakan bahwa asparagus bisa meningkatkan jumlah sperma seorang pria.  Lebih dari itu, asparagus dipercaya bisa meningkatkan kesuburan sehingga baik dikonsumsi secara rutin bagi pasangan muda. Hal itu dikarenakan asparagus bisa mencegah kerusakan sperma akibat radikal bebas dari makanan serat gangguan luar. Untuk lebih lezatnya, Anda bisa mengonsumsi asparagus dengan cara ditumis atau sup.