Lakukan Hal ini Agar Rahim Cepat Pulih Pasca Keguguran

hamil-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Keguguran memang sebuah hal yang sangat menyedihkan bagi setiap wanita. Bagaimana tidak, setelah sekian lama menantikan sang buah hati, ternyata penantian tersebut tiba-tiba sirna. Tentunya hal tersebut sangat memukul perasaan setiap calon orang tua, baik wanita maupun pria. Maka tak heran, jika setelah mengalami keguguran, biasanya seorang wanita akan mengalami gangguan emosional, alias depresi.

Selain itu, keguguran juga bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada rahim. Untuk itu, diperlukan waktu yang cukup lama agar rahim bisa sehat kembali dan siap untuk program kehamilan selanjutnya. Namun, alangkah baiknya jika proses penyembuhan rahim tersebut dipercepat. Sebab, bagaimanapun juga, kesehatan adalah hal yang utama. Jika kesehatan rahim disepelekan, maka akan menyebabkan masalah yang lebih serius.

Untuk itu, berikut adalah cara cepat menyembuhkan rahim pasca keguguran:

1. Obat Herbal

Jika Anda adalah seorang pecinta herbal, maka konsumsilah obat herbal yang aman untuk menyehatkan rahim. Ada berbagai macam ramuan herbal yang bisa Anda gunakan, salah satunya adalah daun raspberry merah dan buah prem ceri. Kedua herbal tersebut kaya akan nutrisi seperti zat besi dan kalsium yang bisa memulihkan rahim dengan cepat.

2. Sering Dikompres

Setelah melahirkan, biasanya wanita akan mengeluh kesakitan pada perut bagian bawah. Rasa sakit itu sangat sering muncul dan kadang tak tertahankan. Untuk itu, sering-seringlah dikompres menggunakan air hangat agar rasa nyeri tersebut mereda. Sebab, dengan suhu yang panas bisa membuat peradangan kembali normal dengan sendirinya.

3. Perbanyak Air Putih

Salah satu dampak dari keguguran adalah tubuh akan menjadi super lelah dan lemas. Hal tersebut dikarenakan seluruh energi serta cairan terkuras habis. Maka dari itu, perbanyaklah mengonsumsi air putih untuk menormalkan kondisi tubuh. Jika perlu, Anda juga bisa mengonsumsi air kelapa muda secara rutin.

4. Kelola Stres

Untuk yang satu ini tidak bisa disepelekan sedikitpun. Sebab, bagaimanapun juga, pikiran akan memengaruhi kesehatan seseorang. Dengan stres yang tinggi, maka tubuh akan lebih susah menyembuhkan diri. Maka dari itu, kelola stres dengan baik sehingga pikiran menjadi rileks dan tidak ada tekanan atau rasa cemas lagi.