7 Cara Mengobati Batu Ginjal Tanpa Menjalani Operasi

penyebab-batu-ginjal-doktersehat

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang bisa membuat pengidapnya sangat menderita adalah batu ginjal. Bagaimana tidak, mereka akan mengalami kesulitan untuk buang air kecil dengan lancar. Bahkan, bisa jadi mereka akan merasakan nyeri yang luar biasa hingga perdarahan saat buang air kecil. Masalahnya adalah cukup banyak penderita batu ginjal yang harus menjalani operasi demi mengatasinya.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah batu ginjal tanpa operasi

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi batu ginjal tanpa operasi.

Berikut adalah beberapa diantaranya.

  1. Memperbanyak asupan air putih

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah batu ginjal adalah dengan memperbanyak asupan air putih. Meski terlihat sepele, pakar kesehatan menyebut hal ini cukup ampuh untuk membantu mengeluarkan batu ginjal. Hanya saja, ukuran batu ginjal yang dikeluarkan adalah yang berukuran kecil sehingga bisa dikeluarkan lewat saluran kemih.

Jika orang sehat minum 8 gelas air setiap hari, penderita batu ginjal disarankan untuk minum lebih banyak demi mengatasi masalah kesehatan ini.

  1. Minum air perasan lemon

Selain mengonsumsi air putih lebih banyak, pakar kesehatan menyebut penderita batu ginjal juga disarankan untuk memperbanyak asupan air perasan lemon. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan sitrat yang ada di dalam lemon. Kandungan ini disebut-sebut bisa mencegah terbentuknya penumpukan kalsium penyebab batu ginjal. Kandungan ini juga mampu meluruhkan batu-batu ginjal berukuran kecil sehingga bisa segera dikeluarkan secara alami lewat buang air kecil.

  1. Mengonsumsi cuka apel

Ternyata, mengonsumsi cuka apel juga bisa membantu mengatasi masalah batu ginjal, lho. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan asam asetat di dalamnya yang disebut-sebut mampu menghancurkan batu ginjal. Selain itu, bahan makanan ini juga dianggap mampu menurunkan sensasi nyeri yang muncul akibat masalah kesehatan ini.

Pakar kesehatan menyarankan penderita batu ginjal untuk mengonsumsi dua sendok cuka apel yang telah dicampurkan ke dalam segelas air setiap hari untuk mengatasinya.

  1. Seledri

Seledri bisa diolah menjadi sayuran atau dijadikan jus. Meski rasanya tidak begitu enak, pakar kesehatan menyebut seledri memiliki banyak sekali manfaat kesehatan, termasuk dalam hal mengatasi masalah batu ginjal.

Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan antioksidan dan berbagai senyawa di dalam seledri yang bisa membantu produksi urine meningkat. Hal ini tentu akan berimbas pada semakin mudahnya batu ginjal luruh. Selain itu, seledri juga bisa membantu tubuh membersihkan berbagai macam racun dan zat-zat mineral sisa yang bisa saja memicu pembentukan batu ginjal.

  1. Kumis kucing

Olahan kumis kucing ternyata juga bisa membantu mengatasi masalah batu ginjal. Bahkan, penderita asam urat dan diabetes juga sangat disarankan untuk rutin mengonsumsinya demi mengendalikan masalah kesehatan yang diderita. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan anti bakteri, anti peradangan, dan antioksidan di dalamnya.

Bagi penderita batu ginjal misalnya, kandungan kumis kucing bisa membantu produksi urine lebih banyak sehingga diharapkan mampu membantu mengeluarkan batu ginjal secara alami lewat buang air kecil.

  1. Mengonsumsi buah delima

Salah satu buah dengan rasa yang menyegarkan ini ternyata sudah dikenal luas sebagai salah satu obat herbal untuk mengatasi masalah batu ginjal. Hal ini disebabkan oleh kemampuan buah delima dalam membuat berbagai mineral dan garam keluar lewat buang air kecil. Selain itu, zat aktif di dalam buah delima juga bisa membantu meluruhkan batu ginjal sekaligus menurunkan sensasi nyeri pada pengidap masalah kesehatan ini.

  1. Minyak zaitun

Salah satu jenis minyak yang paling baik bagi kesehatan ini ternyata juga cocok untuk dikonsumsi penderita batu ginjal. Mengonsumsinya secara teratur bisa membantu menurunkan rasa nyeri sekaligus melancarkan proses pengeluaran batu ginjal secara alami.