Cara Alami untuk Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

DokterSehat.Com– Darah tinggi atau yang disebut dengan hipertensi merupakan sebuah penyakit yang umum dijumpai di kalangan masyarakat. Penyakit ini ditandai dengan meningkatnya tekanan darah pada arteri. Darah tinggi bisa menyebabkan jantung bekerja lebih keras untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah.

Darah tinggi bisa disebabkan oleh faktor genetika, faktor usia, obesitas atau kelebihan berat badan, terlalu sering mengonsumsi makanan asin, dan juga akibat stres berlebih yang bisa menyebabkan hormon adrenalin meningkat sehingga tekanan darahpun turut meningkat.

Untuk menurunkan tekanan darah tinggi, Anda bisa melakukan beberapa cara berikut ini.

1. Olahraga Secara Teratur

Tidak hanya memiliki manfaat untuk menyehatkan tubuh, olahraga juga bisa membantu Anda menurunkan tekanan darah yang tidak stabil. Oleh sebab itu, jika Anda sedang mengalami hipertensi, Anda bisa melakukan olahraga secara rutin. Namun yang perlu Anda ingat adalah jangan telalu memaksa tubuh melakukan jenis olahraga yang berat. Lakukan olahraga ringan agar tidak memperburuk kesehatan Anda.

2. Menurunkan Berat Badan

Tekanan darah tinggi juga bisa disebabkan oleh berat badan yang berlebih. Oleh karenanya, Anda harus bisa menurunkan berat badan agar terhindar dari risiko penyakit hipertensi. Semakin banyak berat badan yang hilang, maka semakin efektif pula Anda menurunkan hipertensi.

3. Berhenti Merokok

Seperti yang Anda tahu bahwa rokok dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Anda juga pasti sering membaca tulisan di dalam kemasan rokok yang menyebutkan bahwa rokok dapat menyebabkan hipertensi. Hal ini dikarenakan nikotin yang terkandung di dalam rokok bisa meningkatkan tekanan darah satu jam setelah merokok.