7 Cara Ampuh Menurunkan Kadar Asam Urat

asam-urat-kaki-doktersehat
Photo Source: Flickr/molybdena

DokterSehat.Com– Penyakit asam urat tak lagi hanya menyerang mereka yang sudah berusia lanjut. Dalam realitanya, kini semakin banyak orang dewasa di usia produktif yang juga mengalaminya. Masalahnya adalah hal ini seringkali terkait dengan gaya hidup tidak sehat yang semakin banyak dilakukan oleh masyarakat modern.

Berbagai Cara Untuk Menurunkan Kadar Asam Urat

Pakar kesehatan menyebut batas bawah dan batas atas kadar asam urat yang normal bagi wanita dewasa adalah 2 mg/dL – 6,5 mg/dL. Sementara itu, bagi kaum pria dewasa, batas atas dan bawahya adalah 2 mg/dL hingga 7,5 mg/dL. Jika kadarnya lebih tinggi, maka risiko terkena penyakit asam urat atau gout akan meningkat dengan drastis.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan demi menurunkan kadar asam urat dari dalam tubuh.

  1. Menghindari Makanan dengan Kadar Purin yang Tinggi

Sebagai informasi, purin adalah kandungan yang bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan yang sayangnya biasanya memiliki rasa yang nikmat. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi makanan laut seperti kerang atau cumi, maka kita mengonsumsi purin dalam jumlah yang besar. Selain itu, makanan seperti daging merah atau jeroan juga cenderung tinggi kandungan purin.

Jika kadar asam urat di dalam tubuh sudah tinggi, sebaiknya kita mulai menurunkan asupan makanan tinggi purin atau bahkan jika perlu benar-benar menghindarinya demi mencegah datangnya gejala penyakit asam urat yang sangat menyakitkan.

  1. Lebih Cermat Saat Minum Obat

Tak hanya makanan, ternyata ada beberapa jenis obat-obatan yang juga tinggi kandungan purin. Sebagai contoh, obat yang fungsinya adalah mempelancar buang air kecil seperti furosemide serta hidroklorothiazid jika dikonsumsi bisa memperburuk kadar asam urat di dalam darah.

Jika kadar asam urat di dalam tubuh cukup tinggi dan kita harus minum obat, sebaiknya berkonsultasi ke dokter atau apoteker demi mendapatkan obat yang tepat sekaligus mencegah kenaikan kadar asam urat.

  1. Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

Salah satu faktor yang menyebabkan peningkatan kadar asam urat di dalam tubuh adalah berat badan yang berlebihan. Hal ini berarti, jika kita ingin menurunkan kadar asam urat, sebaiknya menjaga berat badan atau menurunkan berat badan yang sebelumnya berlebihan.

Cara untuk menjaga berat badan ini adalah dengan menerapkan pola makan yang ideal, rutin berolahraga, dan mendapatkan waktu tidur yang cukup. Hanya saja, bukan berarti kita harus menerapkan diet ketat. Lakukan diet yang tepat dan aman demi memastikan kondisi tubuh tetap terjaga.

  1. Rutin Minum Air Putih

Rutin minum air putih bisa membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh dan membuat proses peluruhan zat asam urat lewat buang air berjalan dengan lancar. Hal ini tentu bisa menurunkan kadar zat asam urat di dalam darah.

  1. Minum Kopi

Penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Nurse’s Health Study menghasilkan fakta bahwa rutin minum 1 hingga 3 cangkir kopi setiap hari bisa menurunkan risiko terkena masalah asam urat hingga 22 persen.

  1. Menghindari Alkohol dan Minuman Tinggi Gula

Rutin mengonsumsi minuman beralkohol dan minuman tinggi gula terbukti bisa meningkatkan risiko terkena penyakit asam urat. Hal ini disebabkan oleh kemampuan minuman ini dalam meningkatkan berat badan dan memicu gangguan metabolik.

  1. Memperbanyak Asupan Serat

Memastikan diri untuk mendapatkan serat sebanyak 5 hingga 10 gram setiap hari bisa membantu menjaga kadar gula darah, insulin, dan kadar zat asam urat di dalam tubuh.

 

Sumber:

  1. 2019. How to lower uric acid levels naturally. medicalnewstoday.com/articles/325317.php. (Diakses pada 17 Oktober 2019).