Kebanyakan orang berpikir jika semua jenis makanan bisa membuat gula darah naik. Logikanya, makanan bisa menyediakan energi. Padahal, energi biasanya didapatkan dari gula darah. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu menurunkan gula darah, lho.

telur-diabetes-doktersehat

Mengenal Gula Darah

Gula darah adalah sumber utama bagi energi tubuh yang dibutuhkan oleh otak, sistem saraf, dan berbagai organ untuk melakukan fungsinya dengan normal. Tak hanya didapatkan dari makanan berkarbohidrat, gula darah juga bisa didapatkan dari protein dan lemak.

Gula darah yang ada dalam kondisi normal bisa membantu menjaga asupan energi tubuh, namun jika kadarnya terlalu rendah atau terlalu tinggi, bisa menyebabkan efek berupa tubuh lemas dan mengantuk atau bahkan meningkatkan risiko terkena diabetes. Karena alasan inilah kita harus menerapkan gaya hidup sehat demi menjaganya.

Berbagai Makanan yang Bisa Menurunkan Gula Darah

Pakar kesehatan menyebut ada beberapa jenis makanan yang bisa membantu menurunkan atau menjaga kadar gula darah di dalam tubuh. Berikut adalah makanan-makanan tersebut.

  1. Alpukat

Alpukat adalah salah satu buah yang dianggap paling baik bagi kesehatan. Dalam realitanya, buah ini memang bisa memberikan banyak manfaat, termasuk dalam hal menurunkan kadar gula darah. Mereka yang menderita diabetes atau sedang dalam fase pre-diabetes sangat disarankan untuk rutin mengonsumsinya.

Rutin memakannya bisa membuat fungsi insulin meningkat. Buah ini juga bisa memberikan rasa kenyang sehingga akan membuat kita tidak mudah tertarik untuk ngemil makanan atau camilan yang tidak sehat. Hal ini akan berimbas besar pada kadar gula darah yang terjaga.

Selain itu, rutin makan alpukat juga terbukti bisa mengatasi sindrom metabolik, salah satu penyebab utama dari diabetes.

  1. Ikan dengan Kandungan Asam Lemak Omega 3

Ikan dengan kandungan asam lemak omega 3 seperti ikan salmon, ikan trout, ikan tuna, ikan kembung, serta ikan sebelah ternyata bisa membantu menurunkan kadar gula darah, lho. Daging ikan ini juga tinggi kandungan protein yang bisa membuat perut kenyang dan membantu kita menjaga pola makan agar tidak berlebihan.

Hanya saja, pakar kesehatan tidak menyarankan kita untuk mengolahnya dengan cara menggoreng karena bisa membuat kadar kalorinya meningkat. Kita sebaiknya mengukus, merebus, atau memanggangnya jika ingin mendapatkan manfaat sehatnya dengan maksimal.

  1. Kakao

Bahan utama dari cokelat ini ternyata juga bisa membantu menurunkan berat badan lho. Hanya saja, dampak makan kakao berbeda dibandingkan dengan makan cokelat manis. Cokelat manis biasanya sudah diberi tambahan gula dan bahan tambahan lainnya sehingga membuatnya bisa meningkatkan kadar gula darah. Sementara itu, kakao murni biasanya memiliki rasa yang cenderung pahit.

Di dalam kakao terdapat kandungan flavanol yang bisa membuat proses pencernaan melambat dan akhirnya berimbas pada menurunnya kadar gula darah.

  1. Telur

Tak disangka, salah satu jenis lauk yang paling sering kita konsumsi ini ternyata juga bisa membantu menurunkan kadar gula darah, lho. Hal ini disebabkan oleh kadar proteinnya yang tinggi dan bisa membuat perut kenyang dan mengendalikan pola makan.

Sebagaimana daging ikan, kita sebaiknya tidak mengolah telur dengan cara digoreng, melainkan dengan merebusnya. Selain itu, sebaiknya kita tidak mencampurkannya dengan bahan makanan olahan seperti sosis atau nugget yang membuatnya menjadi kurang sehat.

  1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau tinggi kandungan serat, magnesium, dan vitamin A yang bisa menurunkan kadar gula darah dengan efektif. Rutin mengonsumsinya setiap hari bisa menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 14 persen.

 

Sumber:

  1. Case-Lo, Christine. 2018. 13 Foods That Won’t Raise Blood Glucose.healthline.com/health/foods-lower-blood-sugar#overview1. (Diakses pada 15 Januari 2020).