Terbit: 24 Oktober 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Di dalam tubuh pria terdapat dua jenis hormon seks yang berbeda. Pertama adalah testosteron yang mengatur fungsi seksual primer dan sekunder. Selanjutnya estrogen yang dikenal sebagai hormon seks wanita juga terdapat pada pria. Dua hormon ini akan bekerja beriringan untuk menjaga kesehatan tubuh pria, tidak hanya fungsi seksualnya saja.

Menurunkan Estrogen pada Pria untuk Kembalikan Kemampuan Seks

Karena di dalam tubuh pria terdapat dua buah hormon yang berbeda, ada kemungkinan hormon estrogen menjadi dominan atau mengalami kenaikan. Kalau kondisi ini terjadi, pria akan mengalami gangguan pada fungsi seksualnya seperti susah ereksi hingga tubuh cenderung mengalami obesitas. Kalau Anda merasa mengalami kenaikan estrogen secara berlebihan, simak ulasan di bawah ini.

Menurunkan kadar estrogen pada tubuh pria

Estrogen di dalam tubuh bisa diturunkan dengan perlahan-lahan menggunakan cara alami di bawah ini.

  1. Mengonsumsi sayuran jenis cruciferous

Sayuran jenis cruciferous mengandung phytoestrogen dalam jumlah yang cukup banyak. Sayuran yang terdiri dari kol, brokoli, kubis, hingga sawi daging ini bisa menurunkan kadar estrogen di dalam tubuh dengan signifikan dan menambah asupan serat yang tinggi untuk tubuh.

Lebih lanjut, sayuran ini juga mengandung isoflavon. Bahan aktif ini bekerja untuk melindungi tubuh mengalami kerusakan testosteron. Pria yang mengonsumsi sayuran ini dalam jumlah yang cukup akan terhindar dari konversi testosteron ke estrogen.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

  1. Mengonsumsi olahan kedelai

Pria memang disarankan untuk tidak mengonsumsi olahan kedelai dalam jumlah banyak karena meningkatkan jumlah estrogen di dalam tubuhnya. Pernyataan ini sebenarnya tidak terlalu benar. Pasalnya phytoestrogen yang ada pada olahan kedelai justru menekan estrogen asli untuk keluar dari tubuh.

Olahan kedelai juga bisa menambah daya tahan pada tubuh seperti pencegahan kanker. Konsumsilah kedelai dalam bentuk tempe, tahu, atau dibuat menjadi susu kedelai yang sangat menyehatkan.

  1. Jamur

Beberapa jenis jamur seperti jamur kancing putih bisa menekan estrogen di dalam tubuh akan tidak terlalu aktif. Anda bisa mengonsumsi jamur dalam bentuk masakan dengan takaran yang pas.

  1. Olahan kunyit dan temulawak

Kunyit dan temulawak adalah herba yang mengandung zat bernama curcumin. Dari studi yang dilakukan pada tahun 2013 dan 2014 lalu, pemberian olahan kunyit dengan takaran tertentu mampu menurunkan kadar estrogen. Selanjutnya kunyit juga bisa memicu terbentuknya testosteron dalam jumlah banyak

Makanan yang harus dihindari pria

Saat berusaha menurunkan estrogen di dalam tubuh, hindari beberapa makanan di bawah ini.

  1. Olahan susu dan daging

Olahan susu dan daging memang memberikan asupan protein dalam jumlah banyak pada pria. Namun, efek samping dari dua makanan ini adalah peningkatan kadar estrogen di dalam tubuh. Pria yang terlalu banyak mengonsumsi susu dan daging akan mudah mengalami kegemukan dan penurunan kemampuan seks.

  1. Minuman beralkohol

Minuman dengan kandungan alkohol juga bisa menaikkan kadar estrogen di dalam darah, Selain itu, minuman ini juga terlalu tinggi kalori dan mudah sekali sebabkan kegemukan. Pria yang terlalu sering minum alkohol juga lebih berisiko alami kanker payudara.

  1. Olahan gandum

Gandum mengandung jamur yang bernama zearalenone. Jamur ini berpotensi sebabkan kenaikan estrogen di dalam tubuh dengan kadar yang cukup signifikan. Kurangi olahan gandum baik dalam bentuk roti atau kue kering lainnya.

  1. Polong-polongan

Beberapa jenis polong-polongan juga bisa meningkatkan kadar estrogen di dalam tubuh. Pengonsumsian dalam jumlah terbatas mungkin tidak akan menimbulkan efek apa-apa pada pria.

Nah, jadi sudah tahu kan bagaimana cara menurunkan kadar estrogen di dalam tubuh. Semoga bermanfaat untuk kita semua!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi