10 Cara Menurunkan Berat Badan di Usia 50 Tahun ke Atas

menurunkan-BB-usia-50-tahun-doktersehat

DokterSehat.Com – Seiring dengan berjalannya waktu, seseorang agak gemuk dengan sendirinya. Meski awalnya memiliki tubuh yang indah, usia akan membuatnya jadi mengendur dengan sendirinya. Hal ini bisa terjadi karena tubuh mengalami penurunan fungsi khususnya metabolisme. Akibatnya, seseorang akan mudah mengalami gangguan pada tubuh seperti obesitas.

Cara menurunkan berat badan di usia 50 tahun

Seseorang dengan usia di atas 50 tahun akan mudah sekali mengalami kenaikan berat badan. Gaya hidup yang mulai berubah, jarang olahraga, dan aktivitas yang kian menurun membuat lemak di dalam tubuh mudah sekali terbentuk. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan.

  1. Melakukan angkat beban

Tahukah Anda kalau sudah memasuki usia 50 tahun, tubuh akan mengalami perubahan yang drastis khususnya yang berhubungan dengan otot? Dalam satu tahun, jumlah otot di dalam tubuh akan menurun sebanyak 1-2 persen. Berbarengan dengan itu, kekuatan tubuh juga akan anjlok sebanyak 1,5-5 persen per tahun.

Kalau kondisi ini dibiarkan begitu saja akan terjadi cukup banyak masalah pada tubuh. Karenanya Anda disarankan untuk melakukan latihan beban untuk mengurangi otot yang hilang dan mempertahankan kekuatan. Angkat beban yang Anda lakukan tidak perlu yang bebannya kuat, angkat yang sesuai dengan kemampuan lalu naikkan perlahan kalau mampu.

  1. Perbanyak jalan kaki

Tidak semua orang mampu melakukan angkat beban karena setiap orang memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda. Ada yang berusia 50 tahun, tapi bagian persendiannya sudah lemah sehingga angkat beban bisa sangat membahayakan untuk tubuh. Oleh karena itu, coba lakukan jalan kaki setiap harinya.

Anda bisa jalan kaki dengan santai saat pagi dan sore hari di lapangan atau di jalanan. Dengan melakukan itu tubuh akan dipaksa menggunakan energi yang terlalu berlebihan. Kekuatan tubuh juga akan terus dilatih dan membuat Anda tidak mudah lelah. Lakukan jalan kaki minimal 2.000 langkah setiap harinya.

  1. Meningkatkan konsumsi protein

Ada dua alasan mengapa konsumsi protein cukup dianjurkan untuk mereka yang sudah berusia 50 tahun ke atas. Alasan pertama mengapa protein harus ditingkatkan adalah kemampuannya dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, protein juga mencegah terjadinya penurunan massa otot di dalam tubuh.

  1. Memasak semua makanan sendiri

Memasak sendiri akan membuat Anda tahu apa yang dimakan dan bahannya apa saja yang digunakan. Dengan melakukan ini Anda tidak akan memasukkan bahan makanan yang berbahaya atau mengandung cukup banyak kalori. Kalau beli makanan di luar kita tidak tahu berapa banyak gula, garam, hingga minyak yang digunakan untuk membuatnya.

  1. Melakukan diet yang benar

Setiap orang memiliki kondisi fisik yang berbeda-beda. Ada yang saat berusia 50 tahun masih sehat meski kekuatan tubuhnya menurun. Namun, ada yang memiliki beberapa penyakit tertentu seperti diabetes atau jantung. Temui ahli diet untuk menanyakan diet yang tepat untuk menurunkan berat badan dan juga membuat tubuh menjadi lebih sehat. Setiap orang mungkin akan mendapatkan protokol diet yang berbeda-beda.

  1. Tidak terlalu banyak makan saat malam

Sebenarnya mau makan kapan saja tidak akan berpengaruh selama jumlah kalorinya masih belum penuh. Namun, kalau kebutuhan kalori harian tinggal sedikit dan Anda ingin makan di malam hari, turunkan porsinya. Kalau bisa hindari nasi dan perbanyak buah atau sayur yang memiliki serat tinggi sehingga Anda tidak akan mudah lapar.

  1. Tidur yang berkualitas setiap malam

Pastikan untuk tidur dengan berkualitas setiap malam. Anda harus tidur selama kurang lebih 7-9 jam setiap hari. Dengan waktu tidur yang cukup panjang ini, tubuh akan beristirahat dengan maksimal dan energi di pagi hari meningkat. Tidur juga menghindarkan Anda dari stres dan kemungkinan makan secara berlebihan di pagi dan siang hari.

  1. Selalu menghidrasi tubuh

Berbagai jenis minuman kemasan yang memasukkan gula ke dalamnya ada banyak. Minuman jenis ini mungkin boleh dikonsumsi sesekali saja asal tidak kelebihan kalori. Selebihnya, Anda lebih disarankan menggunakan air putih yang sehat sebanyak 6-8 gelas setiap hari tanpa ada tambahan apa pun.

  1. Batasi konsumsi gula

Gula adalah salah satu biang kerok yang menyebabkan seseorang mengalami kenaikan berat badan dan timbunan lemak di tubuh meningkat. Dengan melakukan pembatasan gula, jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa dikontrol dengan baik. Anda tidak akan mudah mengalami surplus kalori yang memicu pertumbuhan lemak.

Hindari mengonsumsi makanan yang manis seperti kue atau minuman tertentu. Setiap mengonsumsi makanan kemasan, lihat berapa banyak jumlah gula yang ditambahkan ke dalamnya per takaran saji. Batasi dalam satu hari hanya menggunakan sekitar 4 sendok teh gula pasir.

  1. Mencoba intermittent fasting

Intermittent fasting adalah diet atau metode pengaturan makanan yang mengandalkan pembatasan waktu makan. Normalnya waktu makan yang digunakan adalah 8 jam dan 18 jam sisanya merupakan puasa. Selama puasa Anda masih boleh minum air putih asal tidak ada tambahan kalori di dalamnya.

Melakukan diet cara ini akan membuat Anda mudah sekali menurunkan berat badan. Selain itu, sudah diketahui sejak lama kalau diet ini meningkatkan hormon pertumbuhan. Peningkatan ini akan meningkatkan ekspektasi hidup, menurunkan kerusakan sel, dan tubuh menjadi lebih berenergi.

Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menurunkan berat badan pada seseorang yang sudah berusia 50 tahun ke atas. Dari beberapa ulasan di atas, mana saja yang sering Anda lakukan sebelumnya? Semoga setelah membaca tips di atas Anda jadi tahu bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat, mudah, dan tidak membahayakan kesehatan.