Cara Turunkan Berat Badan, Lebih Baik Olahraga Atau Diet?

doktersehat-diet-olahraga-metabolisme-tubuh

DokterSehat.Com– Menurut Anda, manakah cara yang lebih baik untuk menurunkan berat badan, diet atau olahraga? Keduanya memang sama-sama hal yang baik dan tepat dilakukan. Namun diantara olahraga dan diet adakah yang lebih baik dalam menurunkan berat badan?

Umumnya kita sering hanya berfokus pada salah satunya saja. Padahal berat badan kita dipengaruhi oleh dua hal, yaitu apa saja kalori yang masuk dan berapa banyak kalori yang dikeluarkan.

Kalori yang masuk, seperti namanya, tentu saja diperoleh dari apa saja yang kita makan. Jika apa yang kita makan melebihi kebutuhan maka berat badan menjadi meningkat.

Sedangkan, kalori yang keluar adalah energi yang dikeluarkan oleh tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas dasar tubuh, yaitu organ dan metabolisme, dan aktivitas fisik tubuh seperti bekerja, sekolah, atau berolahraga. Jika kalori yang keluar sedikit sedangkan makanan yang kita konsumsi melebihi kebutuhan maka berat badan akan berlebihan.

Untuk itu, itu pengaturan keduanya harus berjalan beriringan. Menurut Nikolaos Katsilambros, pakar kesehatan berat badan dari University of Athens Medical School, beberapa poin yang harus diperhatikan dalam diet dan olahraga untuk menurunkan berat badan adalah:

1. Diet berat badan tidak hanya asal mengurangi jumlah makanan

 

Asupan kalori memang harus semakin sedikit namun pemilihan bahan makanan harus tetap lengkap dan mewakili semua golongan makanan yaitu karbohidrat, protein, sayur, buah, dan lemak. Pemilihan bahan makanan dilakukan sehingga tidak mengonsumsi makanan yang hanya tinggi kalori.

2. Diet yang tepat bersamaan dengan olahraga efektif menurunkan berat badan

Diet yang tepat akan membuat berat badan turun secara sehat dan bertahap, sedangkan olahraga akan mendukung berat badan yang turun dengan pengaturan kadar darah, misalnya mengurangi tekanan darah, mengurangi gula darah hingga menekan nafsu makan.

3. Olahraga mempertahankan berat badan yang telah turun

Saat berat badan sudah turun, tantangan terbesar lainnya adalah mempertahankan berat badan. Cara efektif untuk mempertahankan berat badan adalah dengan olahraga rutin.

Nah, jadi baik olahraga maupun diet  wajib dilakukan agar berat badan bisa turun dengan efektif, ya!