4 Cara Menurunkan Berat Badan Anak Remaja

doktersehat makanan untuk gigi anak

DokterSehat.Com– Memasuki usia remaja, setiap orang tua harus memerhatikan betul bagaimana pola hidup sang anak. Pasalnya, usia remaja adalah puncak dari masa pertumbuhan sehingga jika tidak diawasi dengan baik, bisa berdampak buruk ke depannya sampai dia dewasa.

Seperti diketahui, di zaman yang serba modern ini ada begitu banyak kebiasaan kurang baik yang sering dilakukan oleh anak, salah satunya adalah bermain gadget sepanjang hari. Hal tersebut telah terbukti bisa menurunkan fungsi organ di dalam tubuh serta meningkatkan risiko obesitas pada anak.

Untuk itu, diperlukan cara tersendiri agar berat badan anak tetap stabil sehingga terhindar dari masalah obesitas. Lantas, apa saja caranya? Simak informasinya berikut ini.

1. Batasi Penggunaan Gadget

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebagai orang tua adalah memberi batasan untuk bermain gadget. Pasalnya, anak zaman sekarang sangat kecanduan dalam memainkan game pada gadgetnya. Hal itu membuat anak menjadi orang pemalas dan enggan untuk beraktivitas. Jika dibiarkan seperti it uterus, maka risiko obesitas pun akan semakin tinggi.

2. Ajak Beraktivitas

Selanjutnya, Anda bisa memberikan contoh yang baik untuk kesehatan serta kebugaran tubuhnya. Salah satu cara yang paling baik adalah mengajaknya beraktivitas, misalnya berjalan ataupun berlari mengelilingi komplek perumahan. Hal ini terbilang cukup efektif membakar lemak sekaligus mengajarkan anak bagaimana hidup bersosial dan bermasyarakat.

3. Terapkan Pola Makan Sehat

Dan yang tak kalah penting juga adalah menjaga pola makan anak. Jika Anda adalah penggemar makanan junkfood dan minuman bersoda, jangan sekali-kali menunjukkannya pada anak. Sebab, bisa saja dia menirunya. Ada baiknya Anda mengajarkan untuk makan makanan sehat, seperti sayuran, buah, ikan, dan makanan alami lainnya. Hal ini akan membuatnya berkembang tanpa mengenal junkfood.

4. Perbanyak Air Putih

Bukan hal yang aneh lagi jika anak lebih suka berdiam diri di kamar. Oleh karenanya, Anda harus menyiapkan air putih di kamarnya sehingga ketika dia haus, dia langsung bisa minum tanpa harus pergi ke dapur. Sebab, biasanya anak malas pergi ke dapur sehingga dia tidak jadi minum. Akibatnya, lemak pada tubuhnya akan menumpuk dan berisiko obesitas.