Terbit: 6 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Salah satu keinginan terbesar dari seorang yang memiliki berat badan besar atau obesitas adalah esok hari bisa kurus. Namun, mungkinkah hal itu terjadi dan nyata adanya? Bisakah berat badan yang kita miliki turun hanya semalam saja meski tidak terlalu signifikan?

Bisakah Menurunkan Berat Badan dalam Semalam Saja?

Massa Air di Tubuh

Setelah berolahraga dengan intens lalu esok harinya mengalami penurunan berat badan adalah hal yang paling ditunggu. Kalau berat badan sampai berkurang kita menganggap kalau diet atau olahraga yang dilakukan sudah berhasil dan memicu rasa semangat untuk terus menurunkan berat badan.

Meski terjadi penurunan berat badan, sebenarnya yang menurun adalah massa air. Sekitar 80% berat yang hilang adalah air yang ikut keluar dari uap dan juga keringat. Kalau Anda buang air kecil pun berat badan juga ikut turun jauh lebih cepat meski terlihat semu.

Massa air memang akan hilang, tapi bukan berarti tubuh tidak mengalami penurunan kadar lemak. Penurunan kadar lemak bisa saja terjadi, tapi tidak akan sebanyak apa yang terjadi dengan air. Kalau Anda terus melakukan olahraga secara rutin berat badan akan turun perlahan-lahan.

Kalau Anda jarang melakukan olahraga dan diet lalu dalam satu atau dua hari menjalankan hal itu dengan ketat, kemungkinan besar berat air akan terus dengan cepat. Berat air ini terlihat signifikan seperti sampai  1 kg dalam semalam saja. Esok harinya berat badan tidak akan turun signifikan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Karena penurunan berat badan tidak akan maksimal lagi, Anda harus memahami kalau hal ini normal. Jangan karena penurunan berat badan tidak maksimal lalu Anda menganggap program diet atau olahraga yang dilakukan tidak berjalan dengan lancar. Lalu, Anda frustrasi dan menghentikannya.

Kualitas Tidur dan Durasinya

Tidur saja memang tidak akan membuat Anda mengalami penurunan berat badan dengan cepat. Ada hal lain yang harus diperhatikan agar proses penurunan berat badan khususnya pada mereka yang obesitas bisa berjalan dengan lancar. Hal yang harus diperhatikan itu salah satunya adalah kualitas tidur.

Tahukah Anda kalau kualitas tidur yang dimiliki oleh seseorang ternyata berhubungan dengan regulasi berat badan di tubuh termasuk di dalamnya ada kerja dari hormon. Kalau kualitas tidur seseorang mengalami penurunan, kemungkinan besar akan terjadi masalah pada hormon yang memicu kenaikan rasa lapar.

Hormon yang meningkatkan rasa lapar akan membuat Anda jadi terobsesi untuk makan. Setiap hari Anda akan makan secara berlebihan dan akhirnya tubuh mengalami kelebihan kalori. Hal seperti ini tidak akan terjadi kalau Anda tidur dengan nyenyak dan durasinya tepat.

Durasi tidur setiap malam yang normal sekitar 7-9 jam setiap harinya. Kalau Anda sampai tidur di bawah durasi itu gangguan pada hormon akan terjadi. Tubuh juga cenderung lebih lelah dan sulit konsentrasi dalam bekerja.

Kalau Anda sedang berusaha menurunkan berat badan secara rutin setiap hari, ada baiknya untuk memperbaiki pola tidur terlebih dahulu. Kalau pola tidur terjaga dengan baik kualitas maupun durasinya, penurunan BB akan berjalan lancar, bahkan esok hari setelah bangun tidur.

Meningkatkan Kualitas Tidur dan Penurunan BB

Dari ulasan di atas dijelaskan dengan sangat rinci kalau penurunan BB tidak akan terjadi dalam semalam kecuali kadar air. Meski mengalami penurunan tidak akan signifikan. Meski demikian, memperbaiki kualitas tidur akan membantu Anda dalam menurunkan berat badan dan mencegah obesitas.

Kalau Anda merasa memiliki kualitas tidur yang sangat buruk, coba lakukan beberapa cara di bawah ini.

  1. Badan Harus Bersih

Kenyamanan adalah faktor yang sangat penting dari tidur. Bayangkan kalau tubuh Anda gatal dan tidak nyaman saat akan tidur, kemungkinan besar, jam tidur akan terganggu. Anda tidak akan bisa tidur nyenyak. Apalagi kalau tubuh menjadi sangat gatal sepanjang malam.

Oleh karena itu sebisa mungkin untuk mandi sampai bersih. Hilangkan semua keringat yang ada di tubuh. Selanjutnya ganti pakaian dengan yang bersih baru bisa tidur dengan nyenyak.

  1. Membiasakan Diri Tidur pada Jam yang Sama

Sebisa mungkin untuk membiasakan diri tidur di jam yang sama. Maksud dari tidur di jam yang sama adalah Anda tidak mengubah jadwalnya setiap hari. Kalau sudah biasa tidur jam 21.00, lakukan setiap hari.

  1. Buat Kamar Jadi Nyaman

Kamar harus nyaman dan membuat Anda cepat untuk tidur. Buat ruangan jadi sejuk agar bisa tidur dengan lebih cepat. Selanjutnya seprai harus bersih dan juga udara di dalam ruangan jangan pengap.

  1. Lakukan Relaksasi

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk membuat tubuh jadi lebih nyaman dan mudah tidur adalah dengan relaksasi. Anda bisa melakukan yoga, meditasi, atau mendengarkan musik yang menenangkan. Kalau pikiran Anda masih sangat berat dan tidak relaks, kemungkinan untuk bisa tidur akan rendah.

Kalau Anda sudah bisa relaks, meditasi hingga yoga mungkin tidak perlu dilakukan. Dengan hanya mandi sampai bersih dengan air hangat saja tubuh bisa lebih nyaman dan memudahkan Anda langsung tidur.

Demikianlah ulasan tentang cara menurunkan berat badan dalam sehari semalam. Meski penurunan berat badan lebih banyak didominasi air, Anda bisa lebih semangat menurunkan berat badan. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda semuanya.

 

 

Sumber:

  1. Hill, Ansley. 2019. Can You Lose Weight Overnight?. https://www.healthline.com/nutrition/how-to-lose-weight-overnight. (Diakses pada 6 November 2019)
  2. Anonim. Why do I lose weight while I sleep?. https://health.howstuffworks.com/wellness/diet-fitness/weight-loss/why-do-i-lose-weight-while-i-sleep.htm. (Diakses pada 6 November 2019)
  3. Lane, Edward. 2016. 5 Ways to Lose Weight While You Sleep. https://www.menshealth.com/weight-loss/a19515913/burn-fat-overnight/. (Diakses pada 6 November 2019)
  4. Zevenbergen, Tess. Overnight Weight Loss Tricks. https://www.livestrong.com/article/177843-overnight-weight-loss-tricks/. (Diakses pada 6 November 2019)

 


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi