Terbit: 30 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Karena berbagai kesibukan, seringkali kita memilih untuk menunda makan demi menyelesaikan aktivitas terlebih dahulu. Meski terlihat seperti hal yang sepele untuk dilakukan, menurut pakar kesehatan, kebiasaan ini akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Salah satunya bagi kondisi gula darah.

Sering Menunda Makan Bikin Diabetes?

Dilansir dari Boldsky, gula darah atau glokosa bisa didapatkan dari berbagai macam makanan, khususnya yang kaya akan karbohidrat. Sebagaimana kita ketahui, glukosa adalah sumber energi bagi tubuh kita agar organ-organ di dalamnya bisa berfungsi dengan baik. Jika kita menunda makan, maka kadar gula darah akan menurun dengan drastis dan tubuh pun tidak akan mendapatkan bahan bakar yang sangat dibutuhkan. Alhasil, kita pun akan merasa lelah, lemah, kurang berkonsentrasi, dan merasa pusing.

Yang tidak banyak orang ketahui adalah, kebiasaan menunda makan ternyata bisa meningkatkan risiko terkena diabetes. Sebagaimana kita bahas sebelumnya, kebiasaan ini mempengaruhi kadar gula darah. Selain itu, hal ini akan mempengaruhi kemampuan tubuh dalam memproduksi hormon insulin, hormon yang memproses gula darah menjadi energi. Jika sampai respons insulin pada tubuh menurun, maka kita pun akan lebih rentan terkena masalah diabetes.

Kebiasaan menunda makan juga akan membuat kita lebih rentan terkena masalah pencernaan, khususnya dalam hal membuat asam lambung meningkat yang tentu akan membuat perut dan dada mengalami sensasi terbakar yang sangat tidak nyaman. Selain itu, kebiasaan ini juga akan membuat sistem metabolisme tubuh terganggu. Jika sampai hal ini terjadi, tak hanya organ-organ tubuh yang mengalami penurunan fungsi, berat badan pun bisa meningkat.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita selalu makan tepat waktu setiap hari demi menjaga kesehatan tubuh.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi