DokterSehat.Com– Semua orang sudah tahu kepopuleran wortel sebagai sayur yang baik untuk kesehatan mata. Meski demikian, sepertinya tidak banyak yang mengetahui manfaat lain wortel untuk menjaga kesehatan rambut. Siapa sangka jika ternyata wortel ternyata baik untuk mendorong pertumbuhan rambut.

wortel-untuk-rambut-doktersehat-1

Wortel kaya akan nutrisi seperti vitamin A, K, C, B6, B1, B3, B2, serat, dan fosfor yang tidak hanya baik untuk kesehatan rambut, tapi juga menunda proses penuaan. Hal ini tidak hanya akan membuat kulit Anda sehat, tetapi jug mendorong kesehatan tubuh Anda.

Berikut ini beberapa cara bagaimana Anda bisa memanfaatkan wortel untuk pertumbuhan rambut Anda.

1. Minyak wortel

Untuk membuatnya, parut 1 buah wortel ke dalam gelas dan tambahkan minyak zaitun sampai gelas tersebut penuh, tutup gelas tersebut. Simpan gelas ini di tempat yang gelap selama satu minggu. Ketika minyak sudah berubah warna, saring wortel dan pindahkan minyak ke wadah yang bersih. Untuk melakukan perawatan, pijatkan minyak ini pada kulit kepala selama 30 menit sebelum mencuci rambut Anda dengan shampo. Lakukan perawatan ini seminggu sekali untuk hasil yang maksimal.

2. Masker rambut wortel, pisang, dan yogurt

Masker ini tidak hanya akan mendorong pertumbuhan rambut, tapi juga mencegah rambut patah. Selain itu, masker ini juga akan membuat rambut menjadi lebih halus, lembut dan mudah diatur. Untuk membuatnya, potong pisang dan wortel menjadi potongan kecil. Hancurkan dalam blender atau food processor bersama dengan yogurt. Setelah halus, Anda bisa menggunakan masker ini pada rambut Anda. Tutup dengan shower cap, kemudian diamkan selama 30 menit sebelum membilasnya dengan shampo ringan. Lakukan perawatan ini sekali seminggu.

3. Masker rambut wortel, minyak zaitun, sari bawang, dan sari lemon

Untuk manfaat yang lebih baik lagi, kamu bisa membuat masker yang terbaut dari wortel, minyak zaitun, sari bawang, serta sari lemon. Sari bawang akan menutrisi folikel rambut, sedangkan sari lemon akan mendorong produksi kolagen shingga menstimulasi pertumbuhan rambut.

Untuk membuatnya, potong wortel dan bawang menjadi potongan kecil, kemudian masukkan dalam blender atau food processor. Tambahkan minyak zaitun dan sari lemon, campur hingga menjadi pasta halus. Oleskan masker ini pada rambut dan diamkan selama 15 menit. Bilas dengan shampo ringan, lakukan perawatan ini sekali seminggu.

Nah, tidak sulit kan memanfaatkan wortel untuk perawatan rambut? Apakah Anda mau mencobanya?