Sederet Makanan Sarapan yang Memicu Kenaikan Berat Badan

Photo Credit : www.freepik.com

DokterSehat.Com– Sarapan merupakan jam makan yang paling penting dan tidak boleh terlewatkan. Pasalnya, dengan sarapan, tubuh akan menyimpan energi yang nantinya akan digunakan untuk melakukan aktivitas di siang hari. Selain itu, bagi pelaku diet, sarapan juga sangatlah penting karena sarapan bisa membantu mereka mengendalikan rasa lapar sehingga mereka tidak akan memiliki keinginan makan dalam porsi yang banyak saat makan siang.

Bagi Anda yang tidak bisa mengonsumsi makanan berat seperti nasi di pagi hari, Anda pasti akan memilih makanan lebih ringan dan tentunya lebih sehat. Terlebih lagi saat Anda sedang ingin menurunkan berat badan, tentunya akan mengonsumsi makanan yang mengandung kalori rendah. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang sering Anda konsumsi saat sarapan dan dianggap sehat tapi justru bisa menyebabkan kenaikan berat badan, diantaranya:

1. Sandwich Kemasan

Di zaman yang serba instan ini, Anda bisa mendapatkan makanan yang cepat untuk disajikan. Bahkan ada banyak jenis makanan kemasan yang siap untuk disantap tanpa perlu report memasaknya, salah satunya adalah sandwich. Sandwich memang sangat cocok jika dikonsumsi saat sarapan. Akan tetapi, jika Anda memilih mengonsumsi sandwich kemasan sebaiknya Anda berhati hati. Sebab, bahan-bahan yang terkandung di dalam sandwich kemasan cukup berbahaya. Kandungan tersebut adalah seperti natrium, pengawet, dan lemak tidak sehat yang nantinya akan membuat Anda mengalami kenaikan berat badan. Oleh sebab itu, ada baiknya jika Anda membuatnya sendiri dengan mnggunakan bahan-bahan yang sehat.

2. Sereal

Sereal juga tidak kalah populer dengan sandwich. Bahkan sereal kerap menjadi menu wajib saat sarapan. Banyak yang menganggap bahwa sereal merupakan makanan sehat yang mengandung biji-bijian. Seperti yang Anda tahu bahwa biji-bijian juga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Namun, ternyata sebagian besar biji-bijian di dalam sereal diolah dengan gula tambahan. makanan yang mengandung gula berlebih tidak akan baik untuk kesehatan dan bisa memicu berbagai penyakit seperti diabetes dan obesitas.

3. Pancake dan Wafel

Kedua makanan ini seringkali dikonsumsi saat sarapan. Jika Anda berniat unutk menurunkan berat badan, sebaiknya jangan megonsumsi makanan ini. Hal ini dikarenakan kandungan gula yang terdapat di dalam pancake dan wafel sangat tinggi. Apalagi ditambah dengan toping seperti sirup, cokelat, gula, dan keju.