Terbit: 18 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa menu sarapan favorit Anda? Melakukan sarapan tentu merupakan hal yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, tidak heran, ada berbagai jenis sajian menu sarapan yang tersedia, mulai dari menu sarapan ala Indonesia maupun ala barat.

Sering Dipilih, 4 Menu Sarapan Ini Ternyata Bikin Mulas!

Berbagai jenis menu sarapan tersebut, umumnya sangat sering disajikan dan dipilih sebagai menu sarapan harian.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa beberapa jenis menu makanan yang sering dipilih justru menyebabkan tubuh kita menjadi mulas?

Berikut beberapa pilihan menu sarapan yang justru membuat perut menjadi mulas:

1. Sayur bersantan dengan sambal

doktersehat-sayur-santan-berbuka

Photo Credit: Flickr.com/dion gillard

Di Indonesia, lontong sayur merupakan salah satu jenis menu sarapan yang khas disajikan di banyak daerah. Rasanya yang super nikmat, berkuah dan disajikan dengan suhu panas, tentu membuat banyak orang memilihnya sebagai menu sarapan harian.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Sayangnya, sayur bersantan khas Indonesia ini justru bisa bikin mulas jika dipilih sebagai menu untuk sarapan, lho. Mengapa?

Sayur bersantan dengan sambal memiliki kandungan lemak dan rasa pedas atau asam yang cukup kuat.

Hal tersebut membuat konsumsi sayur bersantan dengan sambal di pagi hari, akan membuat pencernaan terganggu. Kondisi ini tentu disebabkan perut yang masih kosong dan produksi asam lambung berlebih yang menyebabkan perut merasa nyeri hingga mulas.

2. Salad dari buah yang asam dan minuman jeruk

jus_jeruk_dingin_beku_doktersehat_1

Photo Source: Flickr/Marco Verch

Menu sarapan ala barat ini memang super sehat, sayangnya, jika pilihan bahan baku saladnya tidak tepat, sarapan yang harapannya memberikan manfaat untuk tubuh, justru menyebabkan tubuh menjadi terganggu karena merasa mulas.

Beberapa jenis buah memiliki kandungan asam yang tinggi, misalnya jeruk, lemon, atau kiwi. Jika dikonsumsi pada pagi hari, dimana kondisi perut sedang kosong, maka tentu hal ini dapat mengiritasi lambung karena kondisi lambung menjadi sangat asam.

Menyajikan minuman dari buah yang asam, misalnya jus jeruk atau sari jeruk di pagi hari juga bukan hal yang tepat karena dapat menyebabkan tubuh menjadi mulas.

3. Makanan dengan saus atau sambal yang pedas atau asam

Saus pada makanan, kerap tidak disadari menjadi penyebab perut menjadi mulas di pagi hari.

Saus atau sambal biasanya dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit, namun, kondisi perut saat pagi hari cenderung sensitif sehingga meskipun sedikit. Asupan saus atau sambal yang pedas atau asam sangatlah berpengaruh.

Hindari memberikan saus yang pedas pada sajian menu sarapan, misalnya saus kacang pedas pada gado-gado atau sate, sambal pada telur rebus atau bubur ayam, atau perasan jeruk nipis pada soto.

4. Sup dari sayuran yang bergas

doktersehat-tips-sup-sehat

Photo Credit: Flickr.com/Chris

Pada kondisi tubuh yang sedang kurang fit, konsumsi makanan bergas di pagi hari bisa jadi sangat berpengaruh pada kondisi kesehatan pencernaan.

Perut yang masih kosong dan langsung mengonsumsi sayuran bergas, misanya lobak, brokoli, kol, kubis, atau sawi, akan menyebabkan perut menjadi kembung dan menggangu produksi asam lambung, sehingga perut juga merasakan mulas.

Untuk itu, jika Anda sedang merasa kurang fit karena kecapekan atau tidak enak badan, hindari menyajikan olahan masakan dengan jenis sayuran yang bergas untuk sarapan, ya.

Nah, itu dia 4 jenis menu sarapan yang sering dipilih namun ternyata menyebabkan perut justru merasa mulas.

Anda yang sedang mencoba membiasakan sarapan, sebaiknya perlu menghindari menu makanan di atas agar Anda tidak merasa mulas dan melakukan sarapan bisa perlahan Anda biasakan.

Tentu masih banyak pilihan menu sarapan sehat, enak dan praktis lainnya yang bisa Anda pilih sebagai menu sarapan harian, bukan?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi