DokterSehat.Com– Tinggal beberapa hari lagi, puasa akan berakhir. Namun, Anda masih tetap saja tidak berselera untuk makan sahur? Padahal, sahur sangat penting dan tidak boleh dilewatkan. Sebab, dengan makan sahur, tubuh akan mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi energi yang nantinya akan digunakan untuk beraktivitas di siang hari.

doktersehat-menu-sahur

Banyak orang yang melewatkan sahur dengan alasan karena malas dan tidak berselera. Mulai sekarang, Alasan-alasan tersebut sudah tidak berguna lagi karena ada beberapa makanan yang mudah diolah menjadi makanan yang memiliki rasa lezat, sehingga membuat Anda lebih berselera. Apa saja itu?

1. Rendang

Rendang merupakan olahan daging yang dimasak menggunakan bumbu yang cukup banyak. Rendang memilii rasa yang cukup lezat sehingga menjadikan masakan ini sebagai makanan terlezat di dunia. Jika Anda malas sahur, cobalah untuk melahap nasi panas dengan lauk rending. Bisa dipastikan nafsu makan Anda akan membaik dan tidak akan merasa malas lagi untuk sahur.

2. Telur Balado

Tidak bisa dipungkiri lagi jika makanan pedas merupakan makanan yang mampu menggugah selera. Ketika sahur, cobalah untuk melahap telur balado. Cara memasaknyapun cukup mudah. Anda hanya tinggal merebus telur dan mempersiapkan bumbu baladonya. Meskipun cara memasaknya sederhana, namun rasanya tidak kalah enak. Telur akan memberikan cadangan energi pada Anda di siang hari karena kandungan proteinnya yang cukup tinggi.

3. Nasi Goreng

Selain rendang, nasi goreng juga termasuk masakan khas Indonesia. Makanan dengan bahan dasar nasi ini menjadi cukup favorit di kalangan masyarakat Indonesia maupun luar negeri. Nasi goreng bisa menjadi menu sahur Anda. Rasanya yang lezat, bisa membuat Anda menjadi semakin berselera untuk sahur. Selain itu, cara mengolahnya juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang cukup lama.

4. Capcay Kuah

Meskipun olahan daging sangat lezat, namun Anda tidak boleh melupakan sayuran. Sayuran sangat penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dalam tubuh, apalagi ketika sedang berpuasa. Usahakan untuk menyantap sayuran saat sahur dan berbuka. Jika tidak berselera mengonsumsi sayuran yang hanya diolah menjadi olahan biasa, tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengolahnya menjadi capcay kuah. Masakan ini bisa membuat Anda terasa lebih segar ketika berpuasa.