11 Menu Sahur Anak Kost yang Sehat & Praktis

menu-sahur-anak-kost-doktersehat

DokterSehat.Com – Ketika harus menjalani puasa Ramadan sebagai seorang anak kost, hal yang terberat yang mungkin harus dilewati adalah menjalankan sahur. Terkadang anak kost dituntut untuk lebih mandiri seperti harus menyiapkan menu sahur sendiri. Bagaimana sih cara menyiapkan menu sahur anak kost yang praktis namun tetap sehat? Yuk, simak pilihan menu dan tipsnya berikut ini!

Menu sahur anak kost

Menu sahur untuk anak kost identik dengan menu yang praktis dan juga ekonomis. Meskipun begitu, hal ini tentunya tidak boleh menghalangi anak kost untuk dapat menikmati menu yang sehat untuk dikonsumsi saat sahur. Berikut adalah 11 menu sahur anak kost yang sehat dan praktis yang bisa jadi inspirasi kamu selama bulan Ramadan ini!

1. Abon

Menu sahur untuk anak kost yang pertama adalah abon.

Bahkan di luar bulan Ramadan, abon pada dasarnya memang selalu menjadi menu rekomendasi untuk anak kost. Sifat abon yang praktis dan dapat disimpan untuk waktu yang lama membuat abon cocok dijadikan sebagai salah satu menu praktis untuk sahur.

Anda bisa melengkapi menu nasi dan abon dengan menu sayur seperti cah kangkung, sayur bayam, atau tumis sayuran lainnya. Jika tidak tersedia nasi, abon juga cocok dikonsumsi bersama dengan roti tawar.

2. Roti gandum

Roti gandum juga dapat menjadi menu sahur anak kost yang tidak kalah praktis.

Olesan selai coklat, kacang, atau selai buah lainnya dapat menambah cita rasa dan nutrisi dari roti gandum yang kita konsumsi. Anda juga dapat membuat sandwich dari roti gandum yang diisi dengan selada, timun, tomat, kornet, dan telur mata sapi.

3. Oatmeal

Oatmeal dapat menjadi salah satu menu sahur untuk anak kost terbaik karena oatmeal tidak hanay mudah diolah, tapi juga dipercaya bisa membuat kita lapar lebih lama.

Hal ini disebabkan karena kandungan karbohidrat kompleks pada oatmeal. Cara menikmati oatmeal juga sangat mudah, Anda hanya perlu menambahkan madu dan buah-buahan yang Anda inginkan untuk membuat oatmeal yang lezat. Buah pisang adalah salah satu yang paling umum dijadikan campuran oatmeal.

4. Sereal

Selain oatmeal, sereal juga dapat menjadi menu sahur anak kost yang praktis dan sehat.

Sediakan sereal dan susu rendah lemak di kamar kost Anda. Tidak perlu waktu lama untuk menyajikannya, menu satu ini bahkan dijadikan alternatif apabila waktu sahur sudah mepet dengan waktu imsak

5. Omelette sayuran

Omelette alias telur dadar adalah salah satu makanan paling populer di kalangan anak kost.

Selain murah, telur juga bergizi dan mudah diolah serta divariasikan. Salah satu menu telur yang paling praktis adalah omelette atau telur dadar. Campuran beberapa jenis sayuran seperti tomat, kubis, bawang daun akan membuat telur lebih lezat dan juga bergizi.

Jika merasa bosan dengan bentuk omelette, Anda bisa mencoba variasi telur orak-arik yang juga dikombinasikan dengan sayuran. Bahan lain seperti jamur atau kornet juga bisa menjadi pilihan Anda dalam mengolah telur sebagai menu sahur anak kost.

6. Sup ayam dan sayuran

Membuat sup ayam dan sayuran tidak sulit, lho. Bahkan menu satu ini dapat Anda masak dengan menggunakan magic com jika tersedia kompor di kosan Anda.

Jika ingin memasak menu yang satu ini, siapkan bahan-bahan sejak malam hari, sehingga saat sahur Anda dapat segera memasaknya. Bahan yang perlu disiapkan adalah seperti wortel, kentang, kubis, daun seledri, daging ayam tanpa lemak, dan kaldu ayam.

Rebus ayam bersama dengan wortel dan kentang. Setelah wortel empuk, segera masukkan bahan lainnya dan bumbu. Sup ayam siap dijadikan bersama dengan nasi untuk sahur.

7. Pasta

Menu sahur untuk anak kost selanjutnya adalah pasta.

Pasta instan dengan pilihan berbagai macam saus dapat menjadi pilihan Anda. Sebagai pelengkap, Anda bisa menambahkan sayuran seperti wortel atau kacang merah sebagai tambahan.

8. Sarden

Sup ayam dan pasta dapat dimasak menggunakan magic com, begitu juga dengan sarden.

Ikan yang dikemas kalengan ini juga ideal dijadikan sebagai menu sahur anak kost karena mudah disajikan dan tertunya bernutrisi tinggi. Sama seperti pasta, Anda juga bisa menambahkan bahan lain untuk sarden seperti sayuran atau bahkan sumber protein seperti tahu dan tempe.

9. Nasi goreng

Menu sahur anak kost yang kesembilan adalah nasi goreng.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat nasi goreng sangat sederhana, yaitu nasi dan bumbu nasi goreng. Anda dapat menggunakan bumbu instan atau dapat juga membuat bumbu sendiri dari campuran cabai, bawang merah, bawang putih, dan juga tomat.

Tambahan telur mata sapi dapat membuat nasi goreng Anda lebih bernutrisi. Jika tersedia, tambahan sayuran, kornet, atau daging ayam juga bisa menjadi pilihan untuk menambah kelezatan nasi goreng.

10. Susu

Susu dapat menjadi menu pelengkap untuk sahur anak kost.

Sudah makan sahur tapi belum merasa kenyang? Anda bisa menambahkan susu dalam menu sahur hari ini. Pilihlah susu rendah lemak untuk menu sahur Anda. Susu juga baik untuk memenuhi kebutuhan protein selama berpuasa.

11. Buah-buahan

Sama halnya seperti susu, buah-buahan juga termasuk pelengkap menu sahur anak kost.

Pilihan buah-buahan yang mengandung banyak cairan sangat baik untuk dikonsumsi saat sahur. Buah-buahan memiliki kandungan serat tinggi sehingga dapat membantu memelihara pencernaan selama berpuasa.

Tips Menu Sahur Anak Kost

Itu dia 11 menu sahur anak kost yang sehat dan praktis yang bisa Anda terapkan. Selain memilih menu di atas, terdapat beberapa hal lain yang perlu diperhatikan untuk mendapatkan menu sahur yang baik untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah tipsnya:

  • Tetap perhatikan keseimbangan asupan protein, karbohidrat, dan lemak.
  • Hindari menggoreng menggunakan minyak, pilihan margarin rendah lemak akan lebih baik. Bila makanan dapat dipanggang, maka akan lebih baik dipanggang saja.
  • Jangan lewatkan sayur dan buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral selama berpuasa.
  • Konsumsi air putih yang cukup saat sahur maupun berbuka.

Menu sahur bernutrisi dan sehat sangat penting karena menu ini menjadi bekal tubuh untuk beraktivitas seharian. Selamat mencoba dan semoga informasi ini membantu!