Tetap Praktis! Ini 3 Menu Makan Siang yang Tak Bikin Lemas & Ngantuk

doktersehat diet rendah karbohidrat
Photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Sudah menentukan apa menu makan siang Anda nanti? Makan siang memang menjadi saat yang dinanti karena tubuh akan beristirahat dan mendapatkan asupan kalori untuk menggati energi yang telah hilang setelah setengah hari bekerja.

Akan tetapi, ada tantangan yang harus dilewati setelah makan siang, yaitu munculnya rasa ngantuk dan lemas.

Jika hal ini sudah terjadi, maka tentu saja hasil kerja dan produktivitas bisa jadi menurun karena konsentrasi juga akan terpengaruh, bukan?

menguap-ngantuk-doktersehat
Photo Credit: Positive Health Wellness

Ya, setelah makan siang, sebagian besar orang mengaku merasakan tubuh menjadi lemas dan muncul rasa ngantuk.

Hal ini tentu mengganggu dan harus segera diatasi. Cara mengatasinya cukup mudah, yaitu dengan melakukan pemilihan jenis makan siang yang tidak membuat ngantuk.

Cara memilih menu makan siang yang tidak membuat ngantuk

Memilih menu makan siang yang tidak membuat ngantuk bisa dilakukan dengan beberapa cara dibawah ini:

  • Menghindari menu masakan yang menggunakan metode goreng, utamanya deep frying
  • Menu yang menggunakan metode goreng, apalagi dengan metode deep frying, akan menyerap minyak dalam bahan makanan lebih banyak.

    Hal ini tentu juga berarti tubuh kita akan mengonsumsi minyak lebih banyak. Contoh makanan yang menggunakan metode banyak minyak adalah ayam atau ikan goreng tepung.

  • Perhatikan porsi sesuai kebutuhan
  • Satu kali waktu makan, lazimnya memberikan asupan energi harian sekitar 25% dari total kebutuhan.

    Untuk itu, Anda sebaiknya tidak terlalu banyak mengonsumsi makanan saat makan siang. Cukup pastikan Anda mengonsumsi seusai porsi kebutuhan harian Anda.

    doktersehat makan junk food
    photo credit: Pexels by Twenty20

    Makanan yang berlebihan, baik karbohidrat maupun protein, akan membuat metabolisme tubuh lambat sehingga mudah lemas dan ngantuk.

Contoh menu makan siang anti ngantuk dan lemas

Lantas, apa saja menu makan siang yang tidak membuat tubuh ngantuk dan lemas? Berikut beberapa pilihan menu makan siang yang kandungan lemaknya rendah namun tetap bergizi seimbang:

1. Salad sayur dengan kentang dan daging panggang

Kombinasi makanan bergizi seimbang dan rendah lemak yang praktis untuk makan siang adalah salad. Anda bisa memperoleh sumber karbohidrat dari kentang, protein dari daging, baik daging merah atau daging unggas, dan vitamin, mineral serta serat dari sayuran.

Diet-dukan-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/mosespreciado

Anda bisa menambahkan saus dari mayones rendah lemak atau satu sendok makan minyak nabati, misalnya minyak zaitun untuk pelengkap salad.

Pilihan menu ini tidak hanya mudah, nikmat dan sehat, namun juga bisa Anda siapkan dari rumah, bukan?

2. Ikan bakar dengan nasi dan brokoli atau sayur rebus

Kombinasi rendah lemak dari menu ikan dan sayuran ini bisa Anda pilih saat makan siang.

Menu ikan adalah makanan yang padat gizi dan tinggi protein, Anda juga bisa mengonsumsinya dengan nasi putih atau nasi merah.

doktersehat-makan-ikan-omega3-vitamin
pic credit: majento

Agar asupan gizi Anda makin lengkap, jangan lupa tambahkan sayuran rebus, brokoli atau wortel bisa jadi pilihan yang tepat.

3. Mie rebus dengan daging ayam tanpa kulit atau telur rebus dan sayuran

Anda penggemar mie ayam? Sajian yang satu ini tentu sangat cocok untuk makan siang, ya. Anda bisa memilih menu mie rebus, utamakan mie basah ketimbang mie instan, untuk menu makan siang.

doktersehat-mie-untuk-berbuka
Photo Credit: Flickr.com/Stacy Spensley

Jika mie ayam menjadi pilihan, pastikan menggunakan bagian daging tanpa kulit dan jangan lupa beri banyak sayuran, misalnya sawi, minimal 5-6 sendok besar sayur sawi rebus dalam satu saji mie.

Jika ingin menu lain, Anda bisa mengganti daging dengan telur, usahakan telur di olah dengan metode bebas minyak, misalnya telur rebus atau ceplok air, ya.