Mudah Dibuat, Ini 3 Menu Makan Malam Sehat yang Bisa Bantu Diet

doktersehat makanan sahur
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Apa menu makan malam yang akan Anda konsumsi malam ini?

Makan malam biasanya justru dihindari oleh banyak orang, apalagi jika sedang melakukan diet, ya. Makan malam diklaim sebagai salah satu waktu makan yang paling sering menyebabkan berat badan menjadi cepat.

Padahal, dengan pemilhan jenis, porsi, dan waktu makan yang tepat, makan malam tidak akan menyebabkan peningkatan berat badan.

Apalagi, jika menu makan malam yang Anda konsumsi adalah menu yang tepat. Lantas, apa saja sih pilihan menu makan malam yang bisa membantu diet, yuk sama-sama kita simak penjelasannya di bawah ini!

Tips memilih menu makan malam yang mampu membantu diet

Meskipun sedang melakukan diet, melewatkan waktu makan, baik makan utama maupun camilan, bukanlah hal yang tepat. Kondisi ini justru menyebabkan diet rentan gagal, karena rasa lapar bisa menjadi semakin besar dan tidak terkontrol.

Apalagi, jika yang dilewatkan adalah waktu makan malam, dimana saat makan malam adalah waktu makan yang penting untuk menggantikan energi setelah seharian beraktivitas.

Nah, agar Anda bisa tetap makan malam tanpa takut khawatir mengagalkan diet, beberapa tips memilih menu makan malam yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Memilih menu makan malam yang berasal dari protein rendah lemak
    Anda boleh mengurangi makanan berkarbohidrat saat makan malam, namun makanan berprotein tetap harus menjadi menu makanan malam utama Anda. Mengapa?Protein merupakan zat gizi yang penting untuk menggantikan sel tubuh yang rusak atau meregenerasi sel pasca seharian beraktivitas. Agar diet Anda tetap sehat, usahakan memilih menu protein rendah lemak dan tidak menyajikan makanan berprotein dengan cara digoreng.
  • Perbanyak jumlah sayur dan buah
    Ingin kebutuhan gizi selalu terpenuhi dan tetap kenyang saat makan malam? Tambahkan banyak sayur dan buah pada menu makan malam Anda! Sayur dan buah dapat memenuhi kebutuhan vitamin, mineral dan serat harian, sehingga energi dan kebutuhan gizi harian pasca seharian beraktivitas bisa kembali terpenuhi.

Lalu, apa saja sih pilihan menu makan malam sehat yang bisa membantu diet?

Berikut beberapa menu makan malam sederhana yang bisa Anda pilih untuk membantu diet:

1. Salad sayur, buah dengan telur rebus

Belum mempersiapkan makan malam? Tenang, Anda tetap bisa mengonsumsi makan malam sehat tanpa menggangu diet dengan cara membuat salad dari sayuran hijau, alpukat, dan telur rebus. Agar lebih kaya protein, Anda bisa menambahkan kacang-kacangan.

doktersehat-makanan-diet
photo credit : pexels.com

Komposisi menu di atas, merupakan menu makan malam yang praktis dan bergizi lengkap serta tidak memberikan asupan kalori yang berlebihan.

2. Steak daging panggang dengan jamur

Menu yang satu ini tentu sangat cocok untuk makan malam, ya. Daging panggang merupakan menu makanan berprotein yang rendah lemak, lengkapi asupan serat dan sayuran dengan menambahkan jamur atau brokoli.

makan-daging-ayam-doktersehat
Photo Credit: flickr/ timlewisnm

Agar lemak yang ada pada daging tidak berlebihan, usahakan memilih bagian daging yang rendah lemak, yang ditunjukkan dengan tidak adanya serat putih pada daging.

3. Sup daging ayam dan sayuran

Mengonsumsi menu makan malam yang berkuah tentu super nikmat, ya. Buat atau pilihlah menu sup yang berisi daging ayam tanpa kulit.

doktersehat-tips-sup-sehat
Photo Credit: Flickr.com/Chris

Jangan lupa tambahkan sayuran yang cocok untuk sup, misalnya wortel, kubis, atau buncis. Agar lebih rendah lemak, utamakan membuat kaldu sup dari bahan baku makanan yang berasal dari tanaman dalam porsi yang lebih banyak, misalnya bawang atau daun bawang.