DokterSehat.Com– Selama menjalankan program diet, tentunya kita harus menjaga asupan makanan yang akan masuk ke dalam tubuh. Umumnya, makanan tersebut harus kaya akan nutrisi dan bebas dari kalori, lemak, serta karbohidrat yang berlebihan.

beras-merah-doktersehat

Seperti yang kita tahu bahwa kita telah terbiasa mendapatkan asupan karbohidrat dari nasi putih. Padahal, nasi putih tidak baik dikonsumsi secara berlebihan saat sedang menjalankan program diet. Hal ini dikarenakan nasi mengandung gula dan karbohidrat yang tinggi sehingga bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Oleh karenanya, banyak orang yang akan mengganti asupan nasi putih dengan beras merah.

Masalah yang sering dihadapi oleh sebagian besar orang ketika harus mengonsumsi beras merah adalah rasanya yang tidak selezat beras putih serta tidak semua jenis lauk pauk bisa menjadi pendamping beras merah. Untuk itu, berikut adalah beberapa macam pilihan makanan yang bisa dijadikan sebagai lauk pauk pendamping beras merah, diantaranya:

1. Ikan Bakar

Ikan merupakan sumber protein dan asam omega-3 yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Jika selama ini Anda mengonsumsi ikan dengan cara digoreng, ada baiknya mulai sekarang Anda mengolahnya dengan cara dibakar atau diasapi. Dengan demikian, kandungan protein pada ikan  tersebut akan tetap terjaga. Selain itu, juga bisa dikonsumsi dengan beras merah yang sangat lezat.

2. Sayur Bening

Jenis olahan sayur yang cocok dikonsumsi sebagai pendamping beras merah adalah sayur bening. Sayur bening kaya akan nutrisi dan vitamin karena terdiri dari beberapa jenis sayuran, seperti bayam, jagung atau tomat. Jika Anda tidak ingin mengonsumsinya sebagai lauk pendamping beras merah, Anda bisa langsung mengonsumsinya tanpa tambahan apapun.

3. Lalapan Sayur

Selain diolah menjadi sayur bening, sayuran juga bisa Anda olah menjadi lalapan ketika ingin dijadikan sebagai pendamping beras merah. Nutrisi dari sayuran tersebut tentunya masih terjaga. Selain itu, lalapan sayur juga akan terasa lebih nikmat jika dikonsumsi dengan sambal pedas.