Program diet 1.500 kalori Anda memasuki hari keempat. Lantas, apa saja menu diet hari keempat dan bagaimana porsi tiap-tiap makanan yang tepat agar hasilnya maksimal?

menu-diet-hari-keempat-doktersehat

Daftar Menu Diet Hari Keempat untuk Turunkan Berat Badan

Berikut ini adalah daftar menu diet hari keempat untuk Anda konsumsi saat sarapan, makan siang, dan makan malam.

1. Sarapan

Untuk menu sarapan, para pegiat diet 1.500 kalori disarankan untuk mengonsumsi telur, kacang-kacangan, buah, dan gandum. Berikut pilihan menu diet yang bisa dikonsumsi setiap pagi sebelum beraktivitas sekaligus takaran porsinya:

  • 2 butir telur goreng
  • 1 potong roti gandum panggang
  • 2 sendok makan (32 gram) selai kacang
  • ½ iris pisang

2. Makan Siang

Sementara untuk makan siang, menu diet 1.500 kalori hari keempat diisi oleh jenis-jenis makanan seperti ikan, buah, sayuran, dan nasi. Pilihan menu beserta takaran porsinya adalah sebagai berikut:

  • 1 sushi roll dari alpukat, mentimun, dan nasi merah
  • 1 gulung sayuran roll dengan nasi merah
  • 2 potong salmon sashimi dan salad hijau

3. Makan Malam

Asupan kalori pada saat makan malam pada diet hari keempat juga terdiri dari ikan yang notabene merupakan sumber protein. Selain itu, makan malam Anda di hari ini juga meliputi umbi-umbian dan produk olahan susu. Berikut detail menu makan malam untuk hari keempat:

  • 1 ubi jalar kecil (60 gram)
  • 1 sdt (5 gram) mentega
  • 4 ons (112 gram) salmon
  • 1 cangkir (88 gram) kecambah

Nah, itu dia pilihan menu diet hari keempat yang bisa Anda konsumsi guna mensukseskan program penurunan berat badan sekaligus menjaga agar berat badan tetap ideal sebagaimana diinginkan. Kendati demikian, perlu diketahui bahwasanya menu diet di atas HANYA akan efektif apabila Anda memiliki total daily energy expenditure (TDEE) di atas 2.000 kalori.

Apabila Anda yang TDEE-nya masih berada di bawah 2.000, maka perlu mengurangi porsi dari menu yang sudah disebutkan di atas.

Anda juga harus tahu jika program diet seperti ini juga harus diimbangi dengan aktivitas olahraga yang dilakukan secara rutin dan konsisten. Pasalnya, olahraga adalah aktivitas yang sangat efektif membakar kalori di dalam tubuh, sehingga tujuan untuk memiliki badan ideal jadi tercapai.

Jangan ragu juga untuk berkonsultasi dengan dokter guna mengetahui pola diet yang tepat sesuai kebutuhan dan kondisi fisik Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

 

  1. Kubala, Jillian. 2019. A 1,500-Calorie Diet: Food Lists, Meal Plan and More. https://www.healthline.com/nutrition/1500-calorie-diet#meal-plan (Diakses pada 21 Januari 2020)
  2. Lehman, Shereen. 2019. Two Sample Menus for a 1,500-Calorie Diet. https://www.verywellfit.com/two-menus-for-a-1500-calorie-per-day-diet-2506649 (Diakses pada 21 Januari 2020)