5 Menu Buka Puasa Praktis dan Sehat untuk Anda yang Malas Memasak

doktersehat nasi goreng
Photo credit: Pexels By Twenty20

DokterSehat.Com – Kalau Anda hidup dengan orang tua mungkin saat berbuka puasa makanan sudah tersedia di meja. Namun, kalau Anda hidup dengan pasangan atau malah indekos sendiri, mau tidak mau harus bersusah payah untuk masak menu buka puasa sendiri.

Kalau pulang kantor masih agak sore, barangkali Anda masih bisa sibuk di dapur untuk mempersiapkan makanan. Namun, kalau pulang kantor sudah mepet, waktu untuk mempersiapkan makanan akan sedikit.

Belum lagi kalau penyakit malas yang Anda miliki kambuh. Alih-alih memasak untuk berbuka, Anda akan lebih suka membeli lauk di pasar takjil atau membuat mi.

Nah, kalau Anda cenderung malas masak saat berbuka puasa, coba buat beberapa menu buka puasa di bawah ini. Dengan sedikit usaha, Anda bisa mendapatkan makanan yang nikmat dan bergizi.

Menu Buka Puasa Praktis, Sehat dan Enak

  1. Aneka tumis sayuran

Sayuran dibutuhkan untuk menu berbuka puasa karena mengandung serat yang baik untuk pencernaan. Selain itu, sayuran dengan daun hijau juga banyak mengandung zat besi yang baik untuk mencegah anemia.

Untuk membuat menu ini Anda cukup menyiapkan capai, bawang merah, bawah putih, garam, dan penyedap rasa jika dibutuhkan. Untuk sayurnya Anda bisa memilih sawi daging, kangkung, bayam, dan aneka sayur hijau lainnya.

Memasak tumis sayur tidak membutuhkan waktu lama, kurang dari 15 menit semua bisa diselesaikan. Anda membuatnya beberapa menit jelang berbuka puasa.

Oh ya, untuk tambahan protein, Anda bisa mencampurkan udang atau ayam cincang ke tumis agar ada protein tambahan.

  1. Nasi goreng sayur

Nasi goreng selama ini sering dihindari sebagai menu berbuka puasa karena terlalu banyak menggunakan minyak. Nah, untuk menyiasati kondisi ini Anda bisa pakai minyak zaitun untuk memasak bumbunya.

Untuk isiannya, Anda bisa menggunakan aneka sayuran hijau seperti pak choi, bayam, wortel, kecambah, dan seledri. Selanjutnya untuk tambahan protein bisa menggunakan ayam atau telur ceplok.

  1. Sayuran berkuah

Sayuran berkuah seperti sop, sayur bening, dan sayur asem hanya butuh waktu kurang dari 30 menit untuk membuatnya. Pun bumbunya sederhana dan tinggal cemplung saja ke dalam air.

Anda bisa membuat menu ini untuk menambah serat pada tubuh. Untuk tambahan karbohidrat, tambahkan jagung manis sisir yang dicampurkan ke dalam air rebusan bumbu.

Saat berbuka puasa, Anda bisa makan masakan ini dengan atau tanpa nasi. Kalau dengan nasi sedikit tambahi garamnya, kalau dimakan langsung kurangi garam yang digunakan.

  1. Omelet

Kalau di rumah ada stok telur yang cukup banyak, coba buat omelet dari telur. Anda bisa menambahkan telur dengan keju atau susu untuk menambah protein dan tekstur.

Kalau di rumah ada sayuran, Anda bisa membuat omelet ala Jepang. Tambahan sayuran seperti wortel dan kol ke dalam adonan omelet lalu goreng dengan api kecil agar bisa digulung.

Omelet mengandung cukup banyak protein, serta, dan lemak yang baik untuk memberikan energi secara instan.

  1. Olahan tempe dan tahu

Anda bisa membuat olahan tempat dan tahu agar tidak bosan dengan hanya menggoreng langsung saja. Hancurkan tempe atau tahu lalu dicampur dengan beberapa bumbu standar seperti garam, merica, dan penyedap rasa.

Selanjutnya campur dengan telur dan tepung terigu sesuai dengan selera. Goreng dengan api sedang agar cepat matang d bagian dalam dan tidak gosong di luar. Setelah matang Anda bisa menyantapnya dengan tumis sayur atau menu lain yang sudah ada.

Bagaimana, mudah sekali bukan untuk menyiapkan menu buka puasa?