Pola Makan pada Wanita Pengaruhi Munculnya Menopause Dini

doktersehat menopause dini

DokterSehat.Com – Secara umum menopause bisa terjadi pada wanita saat mereka berusia 45-55 tahun. Proses ini bisa muncul dengan sendirinya dan merupakan proses alami. Saat menopause terjadi, wanita akan mengalami penurunan fungsi seksual dan reproduksi. Selain itu wanita juga akan mengalami beberapa masalah seperti menopause.

Proses menopause biasanya muncul dengan sendirinya dimulai dari penurunan hormon progesteron dan estrogen. Selanjutnya wanita akan berhenti menstruasi perlahan-lahan dan tubuhnya mengalami penumpukan kadar lemak.

Meski menopause terjadi secara alami, adakalanya proses ini terjadi secara cepat pada wanita karena pola makannya terlalu buruk. Nah, kira-kira kenapa makanan yang dikonsumsi wanita bisa memengaruhi menopause.

Menopause dini dan makanan yang dikonsumsi

Dari penelitian yang diakukan di Inggris ditemukan fakta kalau makanan yang dikonsumsi oleh wanita memengaruhi kecepatan menopause yang terjadi pada dirinya. Kalau wanita mengonsumsi makanan sehat dan memiliki gaya hidup yang baik, mereka mengalami menopause dengan waktu yang normal.

Sementara itu wanita yang mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat atau gula, biasanya mengalami menopause yang lebih cepat. Menopause ini terjadi karena tubuh mulai resisten dengan insulin sehingga mengganggu beberapa organ yang penting seperti ovarium yang menentukan kesuburan pada wanita.

Peningkatan kadar gula di dalam tubuh menyebabkan estrogen naik. Pada kondisi ini sel telur akan banyak diproduksi dan memperbanyak siklus menstruasi. Akibat wanita mengalami menstruasi yang lebih banyak, sel telur akan habis di dalam ovarium dan menyebabkan terjadinya menopause.

Dari hasil penelitian yang dilakukan pada 14.000 orang ini wanita disarankan untuk mulai menjaga gaya hidupnya sejak dini agar menopause tidak berjalan lebih cepat.

Efek menopause dini pada wanita

Menopause memang terjadi secara alami, tapi ada banyak risiko kesehatan yang bisa dialami oleh wanita kalau terjadi secara cepat. Berikut beberapa efek menopause dini pada wanita.

  • Pengeroposan tulang bisa terjadi lebih cepat. Wanita akan mengalami osteoporosis yang menyebabkan tulang belakang jadi rapuh. Wanita juga berisiko mengalami patah tulang.
  • Menopause juga menyebabkan gangguan pada tubuh berupa perasaan panas yang terlalu tinggi. Rasa panas ini bisa muncul khususnya pada malam hari sehingga kerap mengganggu istirahat wanita setiap harinya.
  • Risiko kanker payudara cukup tinggi pada wanita yang mengalami menopause dini. Risiko ini membesar karena ada perubahan hormon yang terlalu signifikan dalam waktu yang terlalu cepat.
  • Risiko kanker pada organ dalam vagina seperti ovarium dan endometrium. Risiko kanker ini juga semakin tinggi karena perubahan hormon dan gula darah yang naik.
  • Wanita juga mengalami penurunan kemampuan seksual secara cepat. Seharusnya wanita masih memiliki waktu sekitar 1-2 tahun sebelum akhirnya mengalami menopause.

Mencegah menopause dini pada wanita

Menopause dini sebenarnya bisa dicegah dengan baik. Bahkan wanita bisa menunda hingga tiga tahun menopause yang dialami dengan melakukan beberapa hal di bawah ini.

  • Menerapkan olahraga setiap hari secara rutin. Kalau wanita ingin lebih sehat, mereka disarankan untuk berolahraga sebanyak 3-4 kali dalam seminggu. Dengan berolahraga rutin, mereka bisa mempertahankan hormon di dalam tubuhnya.
  • Menerapkan gaya hidup yang sehat mulai dari tidak sembarangan saat makan hingga selalu melakukan diet sesuai dengan kebutuhannya. Setelah menerapkan gaya hidup yang sehat ini menopause bisa diperlambat.
  • Selalu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Menopause bisa muncul karena gangguan kesehatan yang terjadi di sekitar sistem reproduksi wanita.

Demikianlah ulasan singkat tentang menopause dini yang terjadi pada wanita. Semoga bisa memberikan tambahan informasi yang bermanfaat.