Menonton TV Bisa Mempengaruhi Mimpi?

televisi_tv_mimpi_doktersehat_1
Photo Source: Flickr/ chipgriffin

DokterSehat.Com– Banyak orang yang berpikir jika menonton televisi bisa mempengaruhi mimpi kita. Sebagai contoh, jika kita menonton film aksi atau film horor sebelum tidur, bisa jadi mimpi kita akan berkaitan dengan film yang kita tonton tersebut.

Yang menarik adalah, sebuah penelitian yang dilakukan oleh mahasiswa di bidang psikologi dari Dundee University, Skotlandia bernama Eva Murzyn justru menemukan fakta menarik tentang kebiasaan menonton televisi kita yang bisa mempengaruhi mimpi, tepatnya warna dari mimpi kita.

Dalam penelitiannya, dihasilkan fakta bahwa orang dengan usia lebih dari 55 tahun yang dulu sering melihat TV dengan layar hitam putih bisa saja mengalami mimpi dengan warna hitam putih. Hanya saja, mereka yang terlahir di masa setelah televisi sudah mulai berwarna, maka mereka cenderung hampir tidak pernah mengalami mimpi dengan warna hitam putih.

“Penelitian ini menemukan hipotesis yang menarik, yakni aktivitas menonton televisi atau film saat kecil bisa mempengaruhi warna dari mimpi kita saat sudah berusia dewasa,” ucap Eva.

Penelitian lain yang dilakukan oleh Robert Hoss dan Curtis Hoffman yang dipublikasikan dalam Dream Science juga menunjukkan fakta yang sama. Meskipun mayoritas mimpi kita berwarna sebagaimana saat kita melihat dunia nyata, terdapat kemungkinan akan muncul mimpi dengan warna hitam putih atau tidak jelas bagi mereka yang saat kecil pernah melihat atau menonton televisi dengan warna hitam putih.

Yang menarik adalah, hanya 25 hingga 29 persen dari partisipan yang dilibatkan dalam penelitian ini mampu mengingat warna dari mimpi-mimpinya. Memang, dalam realitanya kita memang cenderung sulit untuk mengingat kembali mimpi yang baru kita alami.

Tak hanya dipengaruhi oleh apa yang kita tonton, mimpi juga bisa dipengaruhi oleh kondisi emosi atau kesehatan mental kita saat tidur.