Menjalani Pemeriksaan Sinar X, Tulang Lengan Wanita Ini Lenyap!

Photo Source: Live Science/BMJ Case Reports

DokterSehat.Com– Saat sedang menjalani pemeriksaan sinar X, tiba-tiba saja tulang lengan milik wanita yang mengeluhkan nyeri ekstrem pada lengan dan pundaknya menghilang! Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Photo Source: Live Science/BMJ Case Reports

Dikutip dari Live Science, dokter pun melakukan pemeriksaan lebih mendalam pada hasil pemeriksaan sinar X ini. Hasilnya adalah, para dokter yang berasal dari Royal Infirmary of Edinburgh, Skotlandia ini mendiagnosis sang wanita terkena penyakit Gorham-Stout.

Jurnal berjudul BMJ Case Reports yang diterbitkan 22 Maret 2018 lalu pun mempublikasikan kasus yang cukup aneh ini. Dalam jurnal tersebut, disebutkan bahwa penyakit Gorham-Stout memiliki julukan vanishing bone disease atau penyakit yang membuat tulang menghilang. Penyakit ini sangat langka dan baru 64 kasus dari penyakit ini yang sudah tercatat dalam dunia medis.

Belum jelas apa penyebab dari penyakit ini, namun, menurut Organization for Rare Disorders (NORD), para ahli menduga jika hal ini disebabkan oleh faktor genetik atau lingkungan.

Sebelum tulangnya hilang secara tiba-tiba, wanita berusia 44 tahun ini mengeluhkan nyeri yang luar biasa pada pundak dan lengannya. Melalui pemeriksaan sinar X, dokter menemukan adanya lesi atau jaringan tidak normal pada tulang lengan atasnya. Pemeriksaan awal ini membuat dokter mendiagnosisnya terkena kanker.

Hanya saja, beberapa bulan kemudian, ditemukan kembali tumor jinak pada pembuluh darah. Rasa nyeri yang dialami sang wanita bahkan semakin parah dan tulangnya sampai patah karena pertumbuhan pembuluh darah yang sangat pesat. Sekitar 18 bulan setelah pertama kali memeriksakan kondisi kesehatannya, tulang lengannya benar-benar menghilang.

Dokter yang memeriksa kondisi lengan sang wanita pun menemukan adanya pertumbuhan pembuluh darah yang menggantikan tulang yang sudah hilang. Pertumbuhan pembuluh darah ini untungnya termasuk dalam golongan non-kanker.

Sebuah kasus yang cukup aneh ya?