Terbit: 2 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kuku, menjadi bagian yang takluput diperhatikan ketika kita banyak berinteraksi dengan orang lain. Mendapatkan kuku yang sehat dan tetap cantik, selain dengan perawatan, bisa juga dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan yang tidak terduga. Melansir dari Stylecraze, kami sampaikan rahasia menjaga kuku berikut ini untuk Anda.

Hal-hal Ini Tidak Terduga Bisa Bantu Menjaga Kuku Tetap Cantik

1. Tetap Menjaga Kebersihan Kuku

Masalah yang ada pada kuku, bermula dari kondisi kuku yang tidak bersih. Kuku yang tidak bersih, membuat bakteri mudah berkembangbiak.

Menjaga kebersihan kuku bisa Anda lakukan dengan rajin mencuci dan mengeringkan setelahnya, karena kuku yang terlalu lama terpapar air, bisa mudah pecah. Jangan lupa juga untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di bawah kuku dengan lembut agar tidak sampai melukai kulit bagian bawah kuku Anda.

2. Hentikan Kebiasaan Menggigit Kuku

Jika Anda masih kesulitan menghentikan kebiasaan gigit kuku, jangan berharap kuku dapat terjaga kesehatan dan kecantikannya. Sebabnya, menggigit kuku bisa menyebabkan banyak kerusakan pada kuku.

Selain bentuk kuku menjadi aneh dan tidak sedap dipandang, air liur Anda ketika menggigitnya bisa membuat kuku rapuh. Kebiasaan ini juga bisa merusak kutikula yang Anda miliki. Bukan hanya itu, memasukkan jari ke dalam mulut akan mengirimkan kotoran dan kuman dari jari ke mulut Anda.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

3. Gunakan Sarung Tangan

Tips yang satu ini, bisa Anda terapkan jika Anda banyak melakukan kegiatan yang berhubungan dengan produk pembersih berbahan kimia atau produk lain. Hal paling sederhana, Anda bisa menggunakan sarung tangan dari karet saat melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci piring, menyikat kamar mandi, pel dan lainnya.

4. Kikir Kuku dengan Lembut dan Satu Arah

Setelah memotong kuku, kikir dilakukan untuk merapikan atau membentuk kuku. Agar kuku tetap sehat dan cantik, biasakan untuk melakukannya dalam satu arah. Kikir kuku secara lembut dan satu arah, misal dari pojok kuku ke bagian tengah kuku. Jangan kikir dengan cara seperti menggosok kuku. Karena hal tersebut, bisa membuat kuku patah dan membuat bentuknya semakin tidak menarik.

Jika soal kebiasaan, memang agak sulit dihentikan. Namun hal-hal di atas, bisa membantu menjaga kesehatan dan kecantikan kulit Anda. Mana yang lebih menarik?!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi