Terbit: 1 April 2020 | Diperbarui: 17 Mei 2020
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: dr. Adrian Setiaji

Bagaimana cara menjaga kesehatan mental yang bisa dilakukan? Memiliki kesehatan mental yang sehat adalah salah satu syarat agar seseorang dapat menjalani hidup dengan baik. Kesehatan mental adalah bagaimana seseorang mengenali dirinya sendiri, orang lain, serta kemampuan untuk mengelola perasaan dan menghadapi kesulitan. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

cara-menjaga-kesehatan-mental-doktersehat

Cara Menjaga Kesehatan Mental

Pada dasarnya menjaga kesehatan mental adalah sebuah cara mencari dukungan dari profesional kesehatan mental atau mengambil langkah-langkah mandiri untuk meningkatkan kesehatan emosional. Beberapa langkah ini diperlukan untuk meningkatkan suasana hati, menjaga kondisi fisik, dan membuat Anda bisa menikmati hidup dengan lebih baik.

Berikut ini adalah berbagai cara menjaga kesehatan mental yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Ceritakan Perasaan Anda pada Orang Lain

Cara menjaga kesehatan mental yang pertama dan mudah untuk dilakukan adalah menceritakan kondisi yang Anda alami pada orang-orang terdekat. Membicarakan perasaan bukanlah tanda kelemahan, itu adalah salah satu perawatan mandiri yang bisa dilakukan untuk menjaga kondisi mental tetap sehat.

Meski terlihat mudah, menggambarkan perasaan saat berbicara dengan orang lain bagi beberapa orang merupakan hal yang sulit. Jika hal ini sulit dilakukan, buatlah percakapan berkembang secara alami, misalnya saat melakukan aktivitas bersama. Perlu diketahui, cara ini hanya membantu mengurangi kecemasan selama beberapa saat.

2. Olahraga

Cara menjaga kesehatan mental berikutnya yang mudah dilakukan namun sering terlewatkan adalah olahraga. Olahraga teratur dapat meningkatkan rasa percaya diri dan membantu Anda berkonsentrasi. Selain itu, olahraga juga menjaga berbagai organ vital di tubuh tetap sehat.

Olahraga tidak selalu dikaitkan dengan pergi ke tempat gym, berjalan-jalan, berkebun, atau mengerjakan pekerjaan rumah juga bisa membuat Anda tetap aktif. Beberapa pakar menyarankan olahraga dilakukan sekitar 30 menit setidaknya lima kali dalam seminggu. Agar Anda tetap bahagia menjalaninya, pilihlah aktivitas fisik yang Anda senangi.

3. Memenuhi Asupan Nutrisi Tubuh

Terdapat hubungan yang kuat antara apa yang Anda makan dan bagaimana perasaan yang dialami. Kafein dan gula  adalah contoh asupan yang memiliki efek langsung. Pola diet yang baik untuk kesehatan fisik dan kesehatan mental, antara lain:

  • Buah dan sayuran
  • Sereal gandum
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Produk olahan susu
  • Ikan yang berminyak
  • Konsumsi banyak air putih

4. Pelajari Cara Mengatasi Stres

Suka atau tidak, stres adalah bagian dari kehidupan. Oleh karena itu, Anda harus mencoba berbagai strategi mengatasi stres seperti, Tai Chi, berolahraga, bermain dengan hewan peliharaan, atau menulis untuk meredam stres. Ingatlah untuk selalu tersenyum dan melihat humor. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tertawa dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meredakan rasa sakit, dan merilekskan tubuh.

5. Menetapkan Tujuan yang Realistis

Putuskan apa yang ingin Anda capai secara akademis, profesional, dan pribadi, kemudian tuliskan langkah-langkah yang Anda butuhkan untuk mewujudkan hal itu. Memiliki tujuan yang tinggi adalah hal yang baik, tetapi Anda harus bersikap realistis. Jika diperlukan mintalah bantuan dari ahli untuk membantu Anda mencapai tujuan agar tetap berada di jalur yang tepat.

6. Tinggalkan Aktivitas Monoton

Meski rutinitas membuat seseorang lebih efisien dan membuat perasaan lebih nyaman, sesekali Anda perlu untuk mengubah rutinitas harian. Cobalah untuk mengubah rute joging, bersepeda di tempat yang berbeda, atau mencoba tempat makan baru.

7. Tetap Menjalin Komunikasi dengan Semua Orang

Menjaga hubungan yang baik dengan orang lain bisa menciptakan kondisi mental yang sehat. Hal ini menjadi penting karena:

  • Membantu Anda untuk membangun rasa percaya diri.
  • Memberi Anda kesempatan untuk berbagi pengalaman positif.
  • Memberikan dukungan emosional dan memungkinkan Anda untuk mendukung orang lain juga.

Terdapat banyak hal yang bisa Anda coba untuk membangun hubungan yang lebih kuat dan lebih dekat, yaitu dengan:

  • Jika memungkinkan, luangkan waktu setiap hari untuk bersama keluarga. Cobalah mengatur waktu tetap untuk makan malam bersama.
  • Cobalah untuk bermain atau berbincang bersama anak, teman, atau keluarga.
  • Menemui teman-teman yang jarang Anda temui.

Penting untuk diketahui, jangan mengandalkan media sosial untuk membangun suatu hubungan.

8. Mempelajari Keterampilan Baru

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mempelajari keterampilan baru dapat menjaga kesehatan mental. Hal ini menjadi penting karena dapat membantu Anda membangun tujuan dan membantu terhubung dengan orang lain. Jika Anda memiliki waktu yang terbatas untuk melakukan hal-hal baru, terdapat beberapa cara menjaga kesehatan mental yang dapat dicoba antara lain:

  • Cobalah untuk memasak menu makanan yang baru. Cari tahu tentang tips membuat makanan sehat.
  • Cobalah untuk mengambil tanggung jawab baru di tempat kerja.
  • Cobalah untuk mengatasi semuanya sendiri seperti memperbaiki sepeda yang rusak, atap yang bocor, atau pagar yang rusak.
  • Cobalah untuk mempelajari bahasa baru atau mengikuti kursus keterampilan praktis.
  • Mencoba untuk melakukan hobi baru yang lebih menantang.

9. Melakukan Kebaikan pada Orang Lain

Cara menjaga kesehatan mental berikutnya adalah dengan melakukan tindakan baik untuk orang lain. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tindakan kebaikan dapat membantu menjaga kesehatan mental. Beberapa cara menjaga kesehatan mental yang bisa dilakukan seperti:

  • Menjadi sukarelawan di komunitas lokal.
  • Mengucapkan terima kasih pada seseorang atas sesuatu yang telah mereka lakukan untuk Anda.
  • Menghabiskan waktu bersama atau menawarkan bantuan pada keluarga atau kerabat yang membutuhkan dukungan.

10. Terus Berpikir Positif

Cara menjaga kesehatan mental ini sering kali terlewatkan, hal itu dikarenakan seseorang yang kondisi mentalnya terganggu sering kali tidak bisa berpikir positif. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bagaimana Anda berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada perasaan.

Jika Anda memandang diri secara negatif, maka cara Anda memandang gagasan juga akan negatif. Berlatihlah menggunakan kata-kata yang mempromosikan harga diri dan peningkatan kekuatan pribadi.

11. Menuliskan Sesuatu yang Anda Syukuri

Rasa syukur telah dikaitkan dengan peningkatan rasa bahagia. Metode yang paling banyak diteliti untuk meningkatkan perasaan bersyukur adalah menuliskan hal-hal yang membuat Anda mengucapkan terima kasih. Temukan sesuatu yang penting untuk disyukuri, biarkan itu memenuhi hatimu, dan nikmati perasaan yang muncul.

12. Fokus pada Satu Hal

Fokus pada sesuatu yang dijalani saat ini memungkinkan kita untuk melepaskan emosi negatif atau pengalaman buruk di masa lalu yang membebani hidup.

Mulailah dengan membawa kesadaran untuk kegiatan rutin, seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang. Memberi perhatian pada sensasi fisik, suara, bau, atau rasa dari pengalaman ini membantu Anda untuk fokus. Ketika pikiran Anda mengembara, cobalah untuk kembali ke apa yang Anda lakukan saat ini.

13. Latihan Pernapasan

Saat stres melanda, cobalah untuk menjauh dari sumber permasalahan dan lakukan apapun yang membuat Anda lebih baik. Salah satu hal terbaik yang bisa dilakukan adalah dengan latihan pernapasan sederhana: tutup mata dan ambil 10 tarikan napas dalam-dalam. Saat Anda menarik napas, tahan selama 4 detik, kemudian buang napas 4 selama detik.

14. Tidur Tepat Waktu

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Cobalah tidur pada waktu yang teratur setiap hari dan praktikkan kebiasaan yang baik untuk mendapatkan tidur yang sehat. Cara menjaga kesehatan mental ini termasuk menonaktifkan semua perangkat elektronik satu jam sebelum tidur.

Nah, itulah berbagai cara menjaga kesehatan mental yang bisa Anda lakukan. Perlu diketahui, tes kesehatan mental diperlukan jika gangguan mental mengganggu aktivitas sehari-hari seperti sulit tidur, sering lelah, dan perasaan sedih secara terus menerus.

 

  1. How to look after your mental health. https://www.mentalhealth.org.uk/publications/how-to-mental-health. (Diakses pada 1 April 2020).
  2. Ten Things You Can Do for Your Mental Health. https://www.uhs.umich.edu/tenthings. (Diakses pada 1 April 2020).
  3. 5 steps to mental wellbeing. https://www.nhs.uk/conditions/stress-anxiety-depression/improve-mental-wellbeing/. (Diakses pada 1 April 2020).
  4. Harteneck, Patricia, Ph.D., MBA. 2015. 9 Ways You Can Improve Your Mental Health Today. https://www.psychologytoday.com/us/blog/women-s-mental-health-matters/201510/9-ways-you-can-improve-your-mental-health-today. (Diakses pada 1 April 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi